Follow Us

BPJS Checking, Cek Besaran Iuran BPJS Kesehatan di Tahun 2023

Nadia Fairuz Ikbar - Kamis, 05 Januari 2023 | 12:45
Iuran BPJS kesehatan 2023
Tribunnews kaltim

Iuran BPJS kesehatan 2023

GridStar.ID - BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang didirikan untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan.

Pada pergantian tahun, masyarakat biasanya bertanya-tanya apakah iuran BPJS Kesehatan mengalami kenaikan dan berapa besaran yang harus mereka bayarkan.

Namun, Wakil Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional Muttaqien mengatakan belum ada rencana untuk melakukan penyesuaian terhadap iuran BPJS Kesehatan pada tahun 2023.

Muttaqien menyampaikan bahwa iuran BPJS Kesehatan masih sama dengan tahun 2022 yang lalu.

"Sesuai dengan aturan di Perpres 65 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan," terang Muttaqien saat dihubungi Kompas.com, Selasa (03/01).

Iuran BPJS Kesehatan tak akan naik hingga 2024

Berkaitan dengan penerapan iuran BPJS Kesehatan ia menyampaikan bahwa pemerintah sangat memperhatikan untuk mencapai keseimbangan antara tiga aspek.

Yakni, keberlanjutan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), upaya peningkatan kualitas layanan, maupun kemampuan dalam membayar iuran.

Ia menjelaskan, iuran BPJS Kesehatan pada tahun ini dapat terjaga hingga tahun 2024 mendatang.

"Dengan kecukupan Dana Jaminan Sosial (DJS) yang sekarang disertai dengan kebijakan yang sekarang berjalan, kami memperikarakan iuran yang sekarang ada cukup terjaga sampai tahun 2024," ungkap Muttaqien.

"Dengan ini sesuai dengan arahan Presiden untuk menjaga iuran sampai 2024," tutupnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Jika Terlambat Bayar Iuran BPJS Kesehatan, Ini yang Terjadi

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest