Follow Us

Penderita Skoliosis Wajib Tahu, Cara Klaim Korset Tulang Belakang Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Rahma - Senin, 27 Maret 2023 | 22:00
Skoliosis menyebabkan tulang belakang tidak lurus.
Freepik/jcomp

Skoliosis menyebabkan tulang belakang tidak lurus.

GridStar.ID - Penting untuk mengetahui informasi cara mendapatkan korset tulang belakang atau brace gratis dengan BPJS Kesehatan.

Dengan mengetahui informasi cara mendapatkan korset tulang belakang gratis dengan BPJS, maka suatu saat jika membutuhkan akan lebih mudah mengurusnya.

Jadi simak berikut ini bagaimana cara mendapatkan korset tulang belakang gratis dengan BPJS.

Cara Mendapatkan Korset Tulang Belakang Gratis dengan BPJS

Korset lumbal atau korset tulang belakang adalah suatu alat bantu yang bisa digunakan untuk menyokong tulang belakang bagian bawah.

Seringnya, dokter mengarahkan penggunaan korset lumbal pada penderita nyeri punggung bawah (low back pain), radang sendi, dan penyakit diskus degeneratif. Bisa juga, korset ini digunakan untuk mempercepat pemulihan dan menstabilisasi tulang belakang yang patah usai dioperasi.

Penggunaan korset juga bisa mengingatkan Anda agar tidak bergerak terlalu berlebihan atau terlalu mendadak ke arah tertentu. Dengan begitu, risiko kejadian cidera berulang di tulang belakang pun bisa diminimalkan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan korset lumbal adalah ukuran yang pas dengan badan Anda dan harus mampu menyangga area yang terasa nyeri dan memberikan kenyamanan selama digunakan.

Lama pemakaian korset lumbal dapat berbulan-bulan atau lebih bahkan bertahun-tahun bagi yang tidak perlu operasi. Ini dapat digunakan sepanjang beraktifitas dapat dilepas saat mandi atau berbaring / istirahat.

Sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter ortopedi mengenai seberapa lama Anda harus menggunakan korset lumbal. Ada orang yang wajib mengenakannya sepanjang hari, tapi ada yang hanya harus mengenakannya di saat-saat tertentu saja.

Baca Juga: Pengecekan BPJS, Kapasitas Kamar hingga AC di Setiap Ruangan, Apa Saja Kriteria KRIS BPJS Kesehatan?

Bagi Anda yang memiliki permasalahan tulang belakang dan membutuhkan korset lumbal, Anda bisa melakukan klaim gratis alat kesehatan ini sebagai salah satu layanan program JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest