Follow Us

Bukan Tanpa Sebab, Ini yang Jadi Alasan Penggunaan Masker Scuba dan Buff Dilarang di KRL, Ada yang Lebih Bahaya daripada Tak Pakai Sama Sekali Menurut Penelitian

Hinggar - Rabu, 16 September 2020 | 13:30
Ilustrasi penggunaan masker di KRL
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ilustrasi penggunaan masker di KRL

GridStar.ID - Kita diminta untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Hal ini dilakukan agar kita terhindar dari penularan virus corona yang saat ini masih menjadi masalah.

Namun kita tak bisa menggunakan sembarang masker, bahkan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) menyampaikan ada beberapa masker yang dilarang digunakan saat menggunakan transportasi tersebut.

Baca Juga: PSBB Akan Diberlakukan di Jakarta Pada 14 September, Wilayah Ini Memiliki Kemungkinan Menyusul Ibukota Untuk Terapkan Aturan yang Sama

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, calon penumpang dianjurkan menggunakan masker yang efektif menahan droplet atau tetesan cairan.

"Hindari penggunaan jenis scuba maupun hanya menggunakan buff atau kain untuk menutupi mulut dan hidung," ujar Anne dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (15/09).

Kualitas buff dan masker scuba

Baca Juga: PSBB Total Akan Kembali Berlaku di Jakarta, Ingat 6 Larangan Saat Aturan Ini Diterapkan!

Buff

Dalam penelitian yang dilakukan ilmuwan Duke University, buff tak dapat mencegah droplet (tetesan pernapasan) keluar dari mulut saat berbicara.

Seperti kita tahu, droplet yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin adalah jalur masuk penularan virus corona Covid-19.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest