Follow Us

Sri Mulyani Blak-blakan Singgung Menteri Baru yang Belum Berpengalaman Tangani Dana Covid-19, Bendahara Negara: Menyiram Uang ke Masyarakat, Tak Seperti Menyiram Toilet!

Rahma - Sabtu, 22 Agustus 2020 | 18:00
Serapan Dana Covid-19 Belum Maksimal, Sri Mulyani Singgung Menteri Baru yang Belum Berpengalaman, Bendahara Negara: Menyiram Uang ke Masyarakat, Tak Seperti Menyiram Toilet!
Tribunnews

Serapan Dana Covid-19 Belum Maksimal, Sri Mulyani Singgung Menteri Baru yang Belum Berpengalaman, Bendahara Negara: Menyiram Uang ke Masyarakat, Tak Seperti Menyiram Toilet!

GridStar.ID - Sri Mulyani buka suara soal anggaran yang digunakan untuk menangani Covid-19.

Menteri keuangan RI ini akhirnya bicara jujur singgung soal menteri baru yang belum berpengalaman.

Bendahara negara ini sebut bahwa serapan anggaran belanja pemerintah dalam APBN 2020 hingga tengah tahun mencapai Rp 1.068,9 triliun.

Baca Juga: Sri Mulyani Ceritakan Cerdasnya Presiden Joko Widodo yang Manfaatkan Krisis Ekonomi Tahun 1998 Menjadi Berkah hingga Kaitkan Kemampuannya dalam Atasi Pandemi

Atau baru 39 persen dari target yang terdapat dalam Perpres 72/2020 yang sebesar Rp 2.739,2 triliun.

Berdasarkan data terakhir per 5 Agustus 2020, serapan anggaran penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) baru 10,5 persen atau sebesar Rp 151,25 triliun dari keseluruhan anggaran yang mencapai Rp 695,2 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terdapat beberapa halangan dalam proses merealisasikan anggaran di tengah pandemi.

Baca Juga: Pantas Jadi Menantu Idaman, Gaji ke-13 Baru Saja Turun, Bendahara Negara Sudah Umumkan Soal THR dan Tunjangan Kinerja Dibayar Penuh di Tahun 2021!

Pemerintah harus mempertimbangkan aspek kehati-hatian agar realisasi belanja tersebut benar-benar dialokasikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

"Menyiram uang ke masyarakat, tidak seperti menyiram toilet. Sebab akan ada orang di luar sana yang melakukan proses audit, sehingga Anda harus bisa memastikan uang tersebut mengalir ke mana, by name, by address, by their account number," ujar Sri Mulyani dalam diskusi virtual yang diadakan The Jakarta Post, Rabu (19/08).

Sri Mulyani mengatakan, tantangan lain dalam proses merealisasikan anggaran adalam kebijakan pemerintah yang terus berubah dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Kabar Gembira! Dana Baru Saja Cair, Sri Mulyani Kembali Umumkan THR dan Gaji Ke-13 Tahun Depan Akan Diberikan Secara Penuh

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest