Follow Us

Mendikbud Beberkan Prosedur Sekolah Tatap Muka Saat Tahun Ajaran Baru Dimulai, Level Persetujuan Sangat Banyak: Orangtua Murid Harus Setuju

Yunus - Selasa, 16 Juni 2020 | 12:45
Prosedur mengikuti sekolah tatap muka cukup banyak, di antaranya harus ada persetujuan orangtua.
E+

Prosedur mengikuti sekolah tatap muka cukup banyak, di antaranya harus ada persetujuan orangtua.

GridStar.ID – Orangtua maupun peserta didik mungkin menanti-nanti apa yang akan dilakukan mulai dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, Mendikbud Nadiem Makarim membeberkan prosedur sekolah tatap muka yang akan dimulai Tahun Ajaran Baru 2020.

Dalam konferensi video Kemendikbud RI tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (15/6), terungkap proses persetujuannya sangat banyak.

Baca Juga: Bolehkan Sekolah Dibuka, Tapi Hanya Diisi Setengah dari Kapasitas Kelas, Menteri Nadiem: Kesehatan dan Keselamatan Nomor Satu

Hanya ada 6 persen peserta didik yang dibolehkan melakukan proses belajar tatap muka, karena mereka berada di zona hijau berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

Meski begitu, untuk melaksanakan sekolah tatap muka harus melewati level persetujuan yang sangat banyak.

“Sebanyak 6 persen peserta didik di zona hijau boleh (sekolah) tatap muka, tapi dengan protokol yang sangat ketat,” kata Nadiem.

Baca Juga: Gadis 14 Tahun Pilih Akhiri Hidupnya Gegara Tak Bisa Ikut Sekolah Oline Seperti Teman-temannya karena Orang Tuanya Tak Sanggup Belikan Kuota

Nadiem menjelaskan, proses persetujuan untuk dimulainya sekolah tatap muka diawali dari lokasi sekolah atau satuan pendidikan itu berada di zona hijau atau bukan.

Status itu berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

Jika memang berada di zona hijau, satuan pendidikan juga harus mengantongi izin dari Pemda setempat, serta Kanwil atau Kemenag.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest