Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Bak Tersambar Petir di Siang Bolong, Warga Kota Malang Menjerit saat Tahu Tagihan Listriknya Membengkak Rp 20 Juta, Kisahnya Viral di Media Sosial: Benar-Benar Seperti Mimpi!

Rahma - Kamis, 11 Juni 2020 | 16:02
Bak Tersambar Petir di Siang Bolong, Warga Kota Malang Kaget Bukan Main Tagihan Listriknya Membengkak Hingga Rp 20 Juta: Benar-Benar Seperti Mimpi!
Shutter Stock

Bak Tersambar Petir di Siang Bolong, Warga Kota Malang Kaget Bukan Main Tagihan Listriknya Membengkak Hingga Rp 20 Juta: Benar-Benar Seperti Mimpi!

GridStar.ID - Belakangan ramai dibicarakan tentang keluhan kenaikan listrik di bulan Juni 2020.

Warganet beramai-ramai melaporkan kenaikan tagihan listrik rumahnya di media sosial.

Bahkan, salah satu kisah tagihan listrik yang melonjak ini menjadi viral di Facebook.

Baca Juga: Lonjakan Tarif Listrik 100 Persen Bikin Menjerit, Direktur PT PLN Malah Terang-terangan Tuding Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Diketahui, tagihan listrik milik warga Malang naik menjadi Rp 20 juta selama lebih dari sebulan.

Dikutip dari Surya.co.id, Teguh Wuryanto, warga Malang mengeluhkan tagihan listrik usaha bengkel las miliknya mencapai Rp 20.158.686 juta.

Teguh Wuryanto mengeluhkan hal tersebut dan mengunggahnya melalui Facebook, Selasa (9/6/2020) lalu.

Baca Juga: Bak Angin Segar di Tengah Pandemi Corona, Pemerintah Akan Perpanjang Masa Subsidi Listrik Agar Bisa Bantu Masyarakat Kelas Bawah, Tapi Seorang Pakar Justru Peringatkan Hal Ini!

"Padahal selama saya 23 tahun menjadi pelanggan PLN, selalu taat membayar.

Lalu tagihannya hanya Rp 985.000 hingga sampai Rp 2.200.000," ujar Teguh yang merupakan warga Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) ketika dikonfirmasi, Selasa (9/6/2020).

Teguh menambahkan, keanehan nominal tagihan terjadi sejak tempat bengkel las miliknya didatangi oleh petugas PLN.

Baca Juga: Tak Sulit, Begini Step by Step Daftar Token Listrik Gratis PLN Selama Bulan Mei 2020

Diketahui peristiwa tersebut terjadi pada bulan Januari 2020.

"Saya tidak merasa melakukan kesalahan dengan pihak PLN," kata Teguh.

Kemudian pada bulan berikutnya, Teguh mendapati tagihan listriknya naik.

Baca Juga: Kabar Gembira! Mulai Hari Ini, Pemerintah Gratiskan Listrik Selama 6 Bulan untuk Pebisnis Skala Kecil

Namun, ia masih menganggap wajar nominal kenaikan tagihan tersebut.

Hingga pada bulan Mei 2020, tagihan listriknya melonjak menjadi sebesar Rp 20.158.686.

"Benar-benar seperti mimpi. Guna memastikan kebenarannya, saat itu langsung saya cek meteran saya, dan saya coba hitung sampai hari ini ternyata sebanyak itu," beber Teguh.

Baca Juga: Bak Angin Surga untuk Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi Virus Corona, Pemerintah Subsidi Biaya Listrik Hingga Ringankan Iuran Jaminan Kesehatan: Semua Dijamin

Pelanggan PLN mengeluhkan tagihan listrik mereka bulan ini membengkak dua kali lipat dari biasanya. (instagram pln_id)

Setelah mengetahui tagihannya mencapai Rp 20 juta, Teguh menanyakan kepada PLN.

"Hasilnya tagihan tersebut harus tetap kami lunasi," katanya sedih.

Baca Juga: Jadi Misteri, Pelanggan Keluhkan Tarif Listrik Bulan Ini Bengkak hingga 2 Kali Lipat, Pihak PLN Akhirnya Ungkap Penyebabnya, Ada Apa?

Teguh terpaksa harus memikirkan cara untuk melunasi tagihan listrik.

Wabah Corona atau COVID-19 juga membuat usaha bengkel lasnya kembang kempis.

"Kami serahkan keadilan kepada-Nya," harapnya berdoa.

Baca Juga: Mulai dari Klaim Token Listrik Gratis ke PLN Hanya via WhatsApp hingga Akses Kodenya, Simak 4 Panduan Penting Soal Langkah PLN Ringankan Beban Warga Selama Wabah Virus Corona!

Di samping itu, Perwakilan YBM PLN UP3 Malang, Priyanto menuturkan esok hari ia bersama jajarannya melakukan pengkajian terhadap tagihan yang melonjak.

"Pengkajian itu nantinya semoga akan jelas dan ada solusinya. Tentu nanti akan jelas dan semoga ditemukan solusinya. Kami juga akan ikut dalam tim kajian tersebut," tegasnya.

Penjelasan PLN

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril menjelaskan bahwa dalam dua bulan terakhir rekening bulanan sebagian pelanggan PLN yang totalnya sekitar 75 juta pelanggan dihitung dari rata-rata tiga bulan terakhir pemakaian.

Baca Juga: Pemerintah Berikan Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan ke Depan, Begini Cara Mudah Dapatkannya! Bisa dengan WhatsApp

Akibatnya pada rekening listrik Juni 2020 terjadi lonjakan tagihan lebih dari 20 persen daripada bulan sebelumnya.

PLN hanya menghitung kenaikan tagihan listrik pada Juni 2020 ini maksimal 40 persen dari bulan sebelumnya.

Sementara, sisa tagihan yang belum terbayar atau 60 persen dari lonjakan tagihan akan dibagi rata dalam tiga bulan ke depan.

Baca Juga: Kabar Gembira! Mulai Hari Ini, Pemerintah Gratiskan Listrik Selama 6 Bulan untuk Pebisnis Skala Kecil

Adapun untuk memantau penggunaan listrik di rumah serta pengaduan dan keluhan, PLN menyediakan layanan komunikasi melalui aplikasi PLN Mobile, pemantauan di tautan www.pln.co.id, dan pusat kontak telepon PLN 123.

Selain itu, PLN juga menyediakan layanan baca meter melalui Whatsapp (WA) resmi ke nomor 081-22-123-123.

(*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul VIRAL Tagihan Listrik Warga Malang Bengkak Hingga Rp 20 Juta, Protes ke PLN Tapi Tetap Harus Bayar

Source :Serambi News

Editor : Grid Star

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular

x