Follow Us

BPJS Checking, Cek Syarat dan Cara Melahirkan di Bidan Gratis dengan BPJS Kesehatan

Nadia Fairuz Ikbar - Rabu, 22 Februari 2023 | 08:15
Melahirkan dengan BPJS Kesehatan
Tribunnews

Melahirkan dengan BPJS Kesehatan

GridStar.ID - Berikut ini adalah penjelasan mengenai apakah melahirkan di bidan bisa gratis ditanggung BPJS Kesehatan.

Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia khususnya para ibu hamil yang masih belum mengetahui apakah melahirkan di bidan bisa gratis menggunakan BPJS Kesehatan.

Hal tersebut lantaran banyak orang yang beranggapan jika BPJS Kesehatan hanya bisa digunakan di rumah sakit atau puskesmas saja.

Padahal sebenarnya layanan BPJS Kesehatan bisa dipakai di banyak fasilitas kesehatan, termasuk salah satunya di praktik bidan.

Melansir dari Kompas, ada beberapa layanan untuk ibu hamil yang dapat di-cover oleh BPJS termasuk pemeriksaan selama kehamilan hingga persalinan.

Cara untuk pemeriksaan kehamilan, ibu hamil peserta BPJS kesehatan bisa mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Diantaranya seperti, puskesmas, klinik swasta, dokter perorangan, atau bidan dengan catatan FKTP tersebut telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan.

Selain pemeriksaan kehamilan, proses persalinan atau melahirkan secara normal atau tanpa ada gangguan juga dapat mengunjungi FKTP terdekat tanpa harus ada rujukan.

Jadi ibu hamil dapat melahirkan di bidan secara cuma-cuma, asalkan tempat praktik bidan mandiri tersebut sudah jejaring dengan BPJS kesehatan.

Baca Juga: Tidak Ada Kelas 1,2,3 Lagi! BPJS Checking, Cek Daftar Rumah Sakit yang Pakai Sistem Kelas Rawat Inap Standar

Namun bagi ibu hamil yang kehamilannya berisiko tinggi atau ada gangguan dan kelainan, maka biasanya akan dirujuk untuk melakukan persalinan ke faskes tingkat lanjutan.

Sedangkan untuk ibu hamil peserta BPJS Kesehatan yang sedang dalam keadaan darurat (pendarahan, kejang kehamilan, ketuban pecah dini, dan kondisi lain yang dapat menyebabkan kecacatan) dapat langsung dibawa ke rumah sakit.

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest