Follow Us

Para Kaum Ibu-Ibu Makin Pusing! Tak Hanya Minyak Goreng, Daftar Bahan Kebutuhan Pokok Ini Harganya Ikut Menjulang

Rahma - Kamis, 03 Maret 2022 | 09:01
Ilustrasi pasar tradisional
TribunJabar

Ilustrasi pasar tradisional

GridStar.ID - Pemerintah menetapkan penyesuaian harga di beberapa kebutuhan pokok pada tahun 2022.

Akibatnya, sebagian besar warga mulai mengeluhkan terkait kenaikan kebutuhan bahan pokok yang beredar saat ini .

Kejadian tersebut akhirnya memaksa masyarakat mengeluarkan biaya lebih dari penghasilannya untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ekomom yang juga Direktur Center of Economic and Law Studiies Bima Yudistiira memprediksi kenaikan harga bahan pokok masih terus berjalan sampai nanti setelah Ramadhan dan Lebaran.

“Kalau melihat dari ketergantungan impornya besar untuk yang pangan , ini kelihatannnya akan berjalan dalam waktu tidak sebentar. Bahkan , setelah Ramadhan dan Lebaran kenaikan harga masih terjadi,” ujar Bima dalam dialog Sapa Pagi Indonesia mengutip Kompas TV.

Penyesuaian harga bahan pokok terjadi karena faktor yang beragam. Tebraru, pemerintah menaikkan harga LPG non-subsidi dikarenakan adanya kenaikan patokan harga LPG dunia yang terus meningkat sepanjang tahun 2021.

Melansir GridFame.ID kenaikan harga juga terjadi pada beberapa komoditas bahan pokok lainnya.

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut ini rangkuman lengkap kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di tahun 2022.

Baca Juga: Para Ibu-Ibu Nangis Dengarnya! Susul Minyak dan Gula, Harga LPG Juga Resmi Naik di Februari 2022, Begini Rinciannya

1. Minyak goreng

Penyesuaian harga bahan pokok ini mulai terjadi sejak November 2021. Pada waktu itu minyak goreng kemasan bermerek sempat berada di angka Rp24 ribu per kg.

Namun untuk mengurangi keresahan warga, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akhirnya mengeluarkan kebijakan HET minyak goreng Rp14 ribu per liter.

Source : gridfame

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest