Follow Us

4 Cara yang Wajib Diketahui untuk Meningkatkan Imun Tubuh saat Berpuasa, Apa Saja?

Yulia Susanti - Kamis, 08 April 2021 | 09:00
4 Cara yang Wajib Diketahui untuk Meningkatkan Imun Tubuh saat Bepuasa, Apa Saja?
freepik

4 Cara yang Wajib Diketahui untuk Meningkatkan Imun Tubuh saat Bepuasa, Apa Saja?

GridStar.ID - Banyak hal untuk meningkatkan imun tubuh saat berpuasa.Terdapat cara mudah untuk meningkatkan imun tubuh pada manusia.Meningkatkan imun menjadi penting agar ibadah puasa semakin lancar.

Baca Juga: Kemenkes Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Tidak Bakal Terhambat di Bulan Ramadhan: Kondisi Tubuh Tidak Akan BerpengaruhSaat berpuasa harus menahan lapar dan haus di siang hari.Olehkarena itu, ada beberapa hal yang perlu ketahui untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa.Melansir dari Kompas.com, berikut cara meningkatkan imun tubuh saat puasa.Baca Juga: Menjelang Bulan Ramadhan, Orang Tua Bisa Lakukan 3 Kegiatan Ini untuk Kenalkan Ibadah Puasa pada Sang Buah Hati

1. Memperhatikan asupan makananSalah satu cara meningkatkan imun tubuh saat puasa yakni dengan mengatur pola makan.Pasalnya, 80 persen sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh asupan yang disantap.Saat pola makan terjaga, maka sistem imun pun akan meningkat, sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi virus atau bakteri.

Baca Juga: Bak Ngebet Miliki Menantu Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Ibu Nadya Arifta Sesumbar Sang Anak akan Dilamar Bulan Puasa, Ini Jawaban Kaesang Pangarep!Sebaiknya banyaklah konsumsi buah dan sayur saat puasa ya.2. Tidur yang cukupKurang tidur disebut bisa memengaruhi kekebalan tubuh.Jangan lupa untuk cukupi waktu tidur saat puasa.Baca Juga: Apakah Lakukan Vaksinasi Covid-19 Bisa Batalkan Puasa Ramadan? Begini Fatwa yang Disampaikan MUI

Pasalnya tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup untuk memaksimalkan performa.Apa lagi, saat tubuh kekurangan jam tidur, hormon stres kortisol akan datang menghampiri.Kalau stres muncul, sistem imun tubuh bisa tersiksa.

Baca Juga: Puasa Tarwiyah dan Arafah pada 29-30 Juli Memiliki Keutamaan Bisa Hapus Dosa Selama Setahun, Inilah Niat dan Cara Pelaksanaannya yang Wajib Diketahui!3. BerolahragaCara meningkatkan imun tubuh saat puasa lainnya yakni dengan berolahraga.Namun perhatikan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa, yakni sekitar 60-90 menit sebelum berbuka puasa.Di bulan puasa, pilihlah olahraga yang ringan dan berintensitas rendah, seperti joging, yoga, atau bersepeda.

Baca Juga: Puasa Asyura 10 Muharram, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Batas Waktu Imsak

4. Menghilangkan stresDisebutkan, stres juga memiliki dampak yang baik pasalnya bisa sebagai persiapan diri dalam menghadapi tantangan hidup.Namun jangan biarkan stres ada terlalu lama dalam diri ya.Beberapa riset menunjukkan, stres berkepanjangan bisa melemahkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Dihujat Pelakor Gegara Rebut Faisal Haris dari Sarita Abdul Mukti, Terungkap Kebiasaan Jennifer Dunn yang Buat sang Sahabat Kaget Bukan Main: Rajin Puasa dan Shalat Tahajud!Maka dari itu, hindari stres dan lakukan segala hal yang bisa menenangkan pikiran, selama tidak merugikan orang lain.Begitulah cara meningkatkan imun tubuh saat puasa ya.(*)Artikel ini telah tayang di Nakita.ID yang berjudul Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Puasa Ternyata Bisa dengan 4 Trik Ini

Source : nakita.grid.id

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest