Follow Us

Ini Cara yang Paling Ampuh Cegah Berat Badan Naik Drastis Usai Mati Haid Alias Menopause

Yulia Susanti - Kamis, 12 November 2020 | 07:00
Ini Cara yang Paling Ampuh Cegah Berat Badan Naik Drastis Usai Mati Haid Alias Menopause
noxos

Ini Cara yang Paling Ampuh Cegah Berat Badan Naik Drastis Usai Mati Haid Alias Menopause

GridStar.ID - Perempuan tidak bisa menghindari menopause atau mati haid.Menopause merupakan sebuah tanda seorang perempuan tidak bisa hamil karena sel telur berhenti diproduksi.Perempuan yang mengalami menopause biasanya antara umur 40-50 an.

Baca Juga: Hanya dari Kebiasaan Minum Sehat Ini, Bisa Menurunkan Berat Badan Kita, Ikuti 8 Tipsnya!Selain tidak bisa hamil, hormon setelah menopause membuat perubahan pada tubuh.Salah satu kondisi yang biasa dialami perempuan setelah menopause adalah bertambahnya berat badan.Bahkan, rata-rata perempuan menopause mengalami kenaikan berat badan sekitar 1,8 kg sampai 2,3 kg.Baca Juga: Berhasil Pangkas 20 Kg Berat Badan Selama 2 Bulan, Tya Ariestya Ungkap Rahasia Dietnya, Hal Ini yang Wajib Dilakukan

Kondisi ini yang akhirnya banyak membuat perempuan menopause mengalami kegemukan.Sebelum terlambat, berikut ini adalah cara untuk mencegah kenaikan berat badan setelah menopause seperti dilansir oleh Kompas.com:1. Aktif bergerakKetika memasuki usia menopause, perempuan akan lebih sering diserang perasaan malas dan lelah.

Baca Juga: 5 Tips Ini Bisa Buat Kamu Jadi Perempuan Hebat nan Tangguh Layaknya Karakter Wanita dalam Film dan Serial Netflix IniPadahal, di usia ini kalian harus lebih rajin bergerak, jika tidak berat badan akan melonjak naik.2. OlahragaSelain lebih aktif bergerak, juga disarankan untuk melakukan olahraga rutin.Lakukan olahraga selama 30-45 menit dalam satu hari untuk menjaga agar berat badan tidak naik.Baca Juga: Keluarga Sehat, Manfaat Diet Jeruk Nipis Bisa Hancurkan Lemak loh!

3. Fokus pada pinggang dan perutPerempuan menopause cenderung mengalami penumpukan lemak di bagian pinggang dan perut.Itu sebabnya, memfokuskan latihan di kedua bagian tubuh itu bisa menjadi solusi kegemukan saat menopause.4. Konsumsi vitamin BUntuk mencegah naiknya berat badan selama menopause, perempuan perlu mengonsumsi makanan kaya vitamin B seperti pisang, sereal, lentil, ubi hingga kentang.

Baca Juga: Makan 5 Kali Sehari, Tapi Bisa Turunkan Berat Badan hingga 18 Kg dalam 3 Bulan, Istri Denny Cagur Ungkapkan Rahasianya!Vitamin B juga berfungsi untuk mengurangi gejala menopause seperti kram, perubahan mood dan kelelahan.5. Berhenti makan gorenganGorengan memang sangat enak untuk dinikmati, tapi sayang kandungan minyaknya bisa menjadi pemicu berat badan.Tak cuma itu, minyak pada gorengan juga bisa memicu penyakit seperti kolesterol dan jantung.

Baca Juga: Tanpa Olahraga, Berat Badan Turun 20 Kg Selama 4 Bulan, Ini Menu Diet Tya Ariestya Murah Meriah Sehari Cuma Rp 20 Ribu!

6. Perbanyak sayuran dan jauhi kedelaiUntuk melengkapi nutrisi, perempuan menopause disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran.Sayuran bisa dimakan mentah, direbus, ditumis atau dikukus.

Juga disarankan untuk menjauhi kedelai karena dianggap bisa memperburuk kondisi menopause.(*)Artikel ini telah tayang di Nakita.id yang berjudul Banyak Perempuan Jadi Gendut Setelah Menopause, Ini Cara Jitu Cegah Berat Badan Melonjak Usai Mati Haid

Source : nakita.grid.id

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest