Follow Us

Bak Angin Segar, Uji Coba Obat Herbal untuk Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Dilakukan LIPI, Tinggal Tunggu Hasilnya!

Tiur Kartikawati Renata Sari - Kamis, 11 Juni 2020 | 20:31
(Ilustrasi) Bak Angin Segar, Uji Coba Obat Herbal untuk Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Dilakukan LIPI, Tinggal Tunggu Hasilnya!
Xinhua

(Ilustrasi) Bak Angin Segar, Uji Coba Obat Herbal untuk Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Dilakukan LIPI, Tinggal Tunggu Hasilnya!

GridStar.ID - Baru-baru ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji klinis terhadap obat herbal untuk pasien covid-19.

Pasien virus corona yang mendapatkan obat herbal ini merupakan pasien yang di rawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Uji coba ini dilakukan sejak Senin, (08/06).

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Diantar Sesama Pengemudi Ojol, Jenazah Driver Ini Ternyata Positif Corona Usai Dimakamkan Secara Normal Tanpa Prosedur Keamanan Covid-19

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, menjelaskan, ada dua produk immunomodulator yang diuji coba pada pasien Covid-19, yakni herbal dari Cordyceps militasris dan kombinasi herbal yang terdiri dari rimpang jahe, meniran, sambiloto dan daun sembung.

“Uji klinis ini merupakan tonggak sejarah bagi pengembangan suplemen dan obat di Indonesia,” ungkap Handoko dalam keterangan resminya, Rabu (10/6/2020).

Menurut dia, ini merupakan uji klinis produk herbal pertama yang ditujukan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Peneliti Temukan Tanda-Tanda Virus Corona Sudah Menyebar Sejak Agustus 2019!

Bila berhasil, ini akan membuktikan bahwa suplemen yang selama ini telah diproduksi bisa diklaim untuk penanganan Covid-19.

“Sehingga berpotensi untuk menjadi produk ekspor unggulan Indonesia,” imbuhnya.

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Masteria Yunovilsa Putra, menyatakan, dua obat herbal tersebut memang ditargetkan untuk peningkatan imun para pasien Covid-19.

Source : Kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest