Sampai Dijuluki Menteri Termiskin, Kisah Ironis Ir.Sutami Menteri PU dan Tenaga Listrik Era Soeharto yang Dicabut Listriknya karena Telat Bayar, Gedung DPR RI Jadi Bukti Kehebatan sang Insinyur

Rabu, 17 Juni 2020 | 19:15
Tribunnews

Sampai Dijuluki Menteri Termiskin, Kisah Ironis Ir.Sutami Menteri PU dan Tenaga Listrik Era Soeharto yang Dicabut Listriknya karena telat Bayar, Gedung DPR RI Jadi Bukti Kehebatan sang Insinyur

GridStar.ID - Nama Ir.Sutami tak asing bagi warga Solo, khususnya mahasiswa Universitas Sebelas Maret.

Ya, nama Ir.Sutami diabadikan sebagai nama jalan dimana kampus UNS berada.

Namun, barangkali tidak semua mahasiswa UNS dan masyarakat Indonesia tidak banyak yang mengetahui siapa sebenarnya sosok Ir.Sutami ini.

Baca Juga: Bolehkan Sekolah Dibuka, Tapi Hanya Diisi Setengah dari Kapasitas Kelas, Menteri Nadiem: Kesehatan dan Keselamatan Nomor Satu

Berikut adalah rekam jejak Ir. Sutami yang terkenal sebagai "menteri termiskin di Indonesia", dilansir dari Intisari.

Sutami lahir di Surakarta 19 Oktober 1928. Dia bersekolah di SMA Negeri 1 Surakarta dan melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) sampai meraih gelar insinyur.

Sejak era Kabinet Dwikora tahun 1964, dirinya sudah diangkat menjadi Menteri Negara diperbantukan pada Menteri Koordinator Pekerjaan Umum dan Tenaga untuk urusan penilaian konstruksi oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga: Sudah Ketok Palu Iuran Naik, BPJS Kesehatan Terus-Terusan Merugi, Terawan Bakal Buat Aturan Baru Hanya Akan Layani Kebutuhan Dasar Kesehatan, Ini Penjelasan sang Menteri!

Kariernya berlanjut dengan mengisi posisi yang sama pada Kabinet Dwikora II tahun 1966.

Selama menjabat sebagai seorang Menteri, Sutami adalah orang yang sangat sederhana dan memiliki kepercayaan dari Soekarno maupun Soeharto.

Dia menjabat sebagai menteri selama 14 tahun sejak 1965 hingga 1978.

Baca Juga: Tantang Kabinet Menteri Ekonomi Era Jokowi Mundur Jika Dirinya Menang Debat dari Luhut Soal Utang Negara, Rizal Ramli Justru Ciut Duluan saat Ditawari Syarat yang Setimpal

Belasan tahun menjabat sebagai menteri, Sutami selalu menjaga kesederhanaannya.

Saking sederhananya, atap rumah yang ditinggali Ir Sutami ternyata bocor.

Bocornya rumah Ir Sutami ditulis oleh Staf Ahli Menteri PU, Hendropranoto Suselo dalam Edisi Khusus 20 tahun Majalah Prisma yang diterbitkan LP3ES tahun 1991 di Jakarta.

Baca Juga: Tak Bisa Sembarang Ngeluyur, Menteri PANRB Ketok Palu Syarat ASN Bepergian Keluar Kota di Era New Normal, Tjahjo Kumolo Beri Peringatan Ada Sanksi Disiplin Jika Berani-Berani Melanggar!

Ketika itu, Ir Sutami masih menjabat sebagai Menteri PU dan Tenaga Listrik.

Saat Lebaran, rumah Ir Sutami di ramai dikunjungi tamu, tapi tamu yang datang malah terkaget-kaget.

Mereka melihat ke atap dan banyak bekas bocor pada langit-langit rumah. Rupanya sudah lama rumah Sutami bocor.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Korban PHK, Tangan Kanan Jokowi Minta Perusahaan Rekrut Kembali Karyawan yang Dirumahkan Akibat Covid-19 Jelang New Normal!

Padahal Sutami sudah enam kali menjabat sebagai Menteri PU.

Arsitek Friedrich Silaban (kiri) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik Ir Sutami, sedang mengamati bangunan Masjid Istiqlal.

Bahkan rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat dibeli dengan cara menyicil. Baru saat akan pensiun, rumah itu lunas.

Sutami tak pernah mau memanfaatkan fasilitas negara secara berlebihan.

Baca Juga: Umumkan Nasib Pemberangkatan Jemaah Haji Tahun 2020 di Tengah Wabah Corona, Menteri Agama Fachrul Razi: Keputusan yang Pahit!

Saat lengser tahun 1978, dia mengembalikan semua fasilitas negara yang pernah ia terima.

Suatu ketika PLN pernah mencabut listrik di rumah pribadinya di Surakarta.

Sutami ternyata pernah kekurangan uang hingga telat bayar listrik.

Lebih miris lagi, Sutami sempat takut dirawat di rumah sakit, karena tidak punya uang untuk membayar biaya rumah sakit.

Baca Juga: Covid-19 Masih Jadi Pandemi di Indonesia, Menteri Agama Tetapkan Pelaksaan Ibadah Haji Tahun Ini Dibatalkan

Setelah pemerintah turun tangan, Sutami akhirnya bersedia dirawat di rumah sakit. Presiden Soeharto sendiri kerap menjenguk Sutami saat sakit.

Di era Sutami, dibangun Jembatan Semanggi Jakarta yang hingga kini menjadi salah satu ikon Jakarta.

Ia juga mengawasi proyek raksasa seperti Gedung DPR, Waduk Jatiluhur, dan Bandara Ngurah Rai.

Baca Juga: Angka Kasus Tak Kunjung Merosot, Menteri BUMN Sebut Mahalnya Biaya Perawatan Satu Pasien Corona, Erick Thohir Minta Masyarakat Lakukan Hal Ini saat New Normal: Saya Yakin Negara Kita Bisa!

Tidak hanya sederhana, Sutami juga memiliki keahlian aristektur yang luar biasa. Kubah Gedung MPR/DPR berwarna hijau seperti kura-kura menjadi salah satu bukti kehebatan Ir Sutami.

Kompleks MPR/DPR itu merupakan hasil rancangan arsitek lulusan Berlin, Soejoedi Wirjoatmodjo, dan salah satu stafnya, Ir Nurpontjo.

Kompleks itu dibangun untuk menggelar Conference of the New Emerging Force (Conefo), dan bangunannya harus bisa menandingi gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York.

Semula atap akan berbentuk kubah murni. Tapi Sutami selaku ahli struktur bangunan mengingatkan hal itu akan memunculkan masalah serius.

Kompas

Ir Sutami dan Friedrich Silaban

Baca Juga: Bak Pinang Dibelah Dua, Nasib Syahrini dan Luna Maya Sama Persis, Sama-Sama Miliki Mantan Kekasih Cucu Mantan Menteri yang Mendekam di Penjara Akibat Narkoba

Sebab, hal ini menyangkut pemerataan penyaluran beban gaya vertikal ke tiang-tiang penopang kubah.

Sutami kemudian membuat sketsa dan perhitungan teknisnya.

Dia menjamin kubah semacam itu bisa dikerjakan.

Baca Juga: Pemerintah Gonta-ganti Aturan, Luhut Pandjaitan Akui Masyarakat Memang Harus Berdamai dengan Corona, Sang Menteri: Kita Memang Belum Ada Pengalaman...

Sebab, desain tersebut tak berbeda dengan prinsip struktur kantilever pada pesawat tebang.

Ir Sutami juga menjadi pimpinan pusat proyek pembangunan Jembatan Ampera di Sungai Musi, yang kini menjadi kebanggan masyarakat Sumatera Selatan.

Ir Sutami menginggal dunia 13 November 1980 pada umur 52 tahun karena sakit liver.

Baca Juga: Kemenag: Lebaran 2020, Salat Id di Rumah dengan Keluarga Inti

Pada 16 Desember 1981, Presiden Soeharto meresmikan Bendungan Karangkates, Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Soeharto membacakan pidato penghormatannya untuk Sutami. Dia pun memberi nama Bendungan Karangkates dengan nama Bendungan Sutami.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ir. Sutami, Menteri PU dan Tenaga Listrik Era Soeharto yang Dicabut Listriknya karena Telat Bayar

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya