GridStar.ID-Penyaluran bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2023 akan dilaksanakan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.
Bank Himbara (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI) serta Bank Syariah Indonesia (BSI) akan menyalurkan bansos di 431 kabupaten/kota, sedangkan PT Pos Indonesia akan mengelola lebih dari 50 persen kawasan 3T, menjangkau 83 kabupaten/kota.
Disadur dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos), keluarga penerima manfaat (KPM) yang dekat dengan bank bisa mengambil bansos secara tunai di cabang atau ATM terdekat.
Bantuan yang tidak diambil dalam waktu yang telah ditentukan, maka penyaluran bansos akan diambil alih oleh PT Pos Indonesia.
“Jadi kami sudah menyepakati itu. Semula di bank, kemudian jika beberapa hari tidak diambil maka penyalurannya itu melalui PT Pos,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (05/02).
Penyaluran bansos melalui bank bertujuan meningkatkan keuangan inklusif atau financial inclusion bagi masyarakat.
Keuangan inklusif adalah upaya menyediakan akses berbagai produk finansial kepada masyarakat secara luas, termasuk kelompok masyarakat rentan, berpenghasilan rendah, dan penyandang disabilitas.
Penyaluran bansos melalui bank juga memungkinkan masyarakat mengambil bantuan secara fleksibel karena difasilitasi oleh ATM.
Bansos sembako tidak melalui e-warung
Ditegaskan, bansos BPNT atau sembako tahun ini tak lagi akan disalurkan melalui e-warung.
Hal tersebut mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.
Baca Juga: 4 Bansos Pengganti BSU BPJS Ketenagakerjaan yang Dikabarkan Akan Cair Pada Maret 2023
“Ini menyikapi dari Perpres Nomor 63 Tahun 2017. Boleh penarikan tunai atau barang. Oleh karena itu, kita menyepakati penyalurannya tunai. Pengambilannya bisa lewat ATM atau ke bank lanjut,” papar Risma.
Lebih lanjut, dituliskan bahwa penyaluran bantuan secara tunai mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan bansos.
Penyaluran melalui PT Pos Indonesia
Sementara itu, penyaluran bansos lewat PT Pos Indonesia dikhususkan untuk menjangkau daerah 3T dan masyarakat yang memiliki akses terbatas pada bank.
Terdapat tiga skema pencairan bantuan melalui kantor pos, sebagai berikut:
- Masyarakat datang secara langsung ke kantor pos dengan waktu sesuai jadwal undangan
- PT Pos mendatangi komunitas seperti RT, RW, kelurahan, banjar, dan komunitas masyarakat lain untuk menyalurkan bantuan
- Door to door, yang artinya petugas Pos akan mengantarkan langsung bantuan sosial ke rumah masing-masing, untuk penerima manfaat kelompok lanjut usia, penyandang disabilitas, dan masyarakat di kawasan 3T.
Masyarakat dapat melakukan pengecekan penerima bansos tahun ini secara online melalui laman resmi //cekbansos.kemensos.go.id, dengan tata cara yang bisa dilihat di sini.
(*)