Follow Us

Angin Segar! Bansos PKH dan BPNT Bakal Segera Dicairkan Lewat Bank Himbara dan PT Pos

Nadia Fairuz Ikbar - Minggu, 05 Maret 2023 | 15:45
Bansos
KOMPAS.com/NURWAHIDAH

Bansos

GridStar.ID - Penyaluran bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2023 akan dilaksanakan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Bank Himbara (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI) serta Bank Syariah Indonesia (BSI) akan menyalurkan bansos di 431 kabupaten/kota, sedangkan PT Pos Indonesia akan mengelola lebih dari 50 persen kawasan 3T, menjangkau 83 kabupaten/kota.

Disadur dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos), keluarga penerima manfaat (KPM) yang dekat dengan bank bisa mengambil bansos secara tunai di cabang atau ATM terdekat.

Bantuan yang tidak diambil dalam waktu yang telah ditentukan, maka penyaluran bansos akan diambil alih oleh PT Pos Indonesia.

“Jadi kami sudah menyepakati itu. Semula di bank, kemudian jika beberapa hari tidak diambil maka penyalurannya itu melalui PT Pos,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (05/02).

Penyaluran bansos melalui bank bertujuan meningkatkan keuangan inklusif atau financial inclusion bagi masyarakat.

Keuangan inklusif adalah upaya menyediakan akses berbagai produk finansial kepada masyarakat secara luas, termasuk kelompok masyarakat rentan, berpenghasilan rendah, dan penyandang disabilitas.

Penyaluran bansos melalui bank juga memungkinkan masyarakat mengambil bantuan secara fleksibel karena difasilitasi oleh ATM.

Bansos sembako tidak melalui e-warung

Ditegaskan, bansos BPNT atau sembako tahun ini tak lagi akan disalurkan melalui e-warung.

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

Baca Juga: 4 Bansos Pengganti BSU BPJS Ketenagakerjaan yang Dikabarkan Akan Cair Pada Maret 2023

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest