Follow Us

Pro Kontra Soal Childfree, Benarkah Keputusan Tersebut Buat Pengeluaran Rumah Tangga Sehari-hari Berkurang?

Nadia Fairuz Ikbar - Sabtu, 18 Februari 2023 | 18:02
Cara mendiskusikan masalah childfree dengan pasangan
iStockphoto

Cara mendiskusikan masalah childfree dengan pasangan

GridStar.ID - "Childfree" atau keputusan pasangan untuk tidak memiliki keturunan, belakangan ini kembali menjadi perbincangan.

Hal tersebut digaungkan oleh salah satu influencer dan penulis Gita Savitri mengungkapkan bahwa dia mengambil keputusan tersebut.

Gita Savitri menilai childfree bisa mengurangi living cost atau biaya hidup pasangan lantaran tidak memiliki tambahan beban biaya dari seorang anak.

Namun benarkah demikian?

Pakar Perencanaan Keuangan dan CEO Finante.id, Rista Zwestika CFP® menilai, jika berbicara tentang living cost, tanpa memiliki anak pun, pasangan suami istri tetap mengeluarkan living cost.

Apalagi jika ditambahi dengan seorang anak, tentunya biaya yang dikeluarkan juga akan bertambah.

"Enggak punya anak juga tetap mengeluarkan living cost kok tapi memang jika ditambahi dengan anak yah jelas pengeluaran makin nambah, mulai dari biaya pendidikan, les, dan banyak lagi," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Oleh sebab itu menurut dia, jika pasangan berencana memiliki anak, hal yang paling diutamakan adalah kesiapan, baik itu kesiapan secara mental sebagai orangtua hingga kesiapan finansial.

"Kalau kita berumah tangga enggak mau punya anak yah itu pilihan. Tapi kalau mau punya anak yah harus siap dengan berbagai pengeluaran dan kebutuhan lainnya," ungkap dia.

"Tapi kalau ngomong pengeluaran sudah pasti setiap orang hidup, punya pengeluran apalagi nambah orang baru pengeluaran bertambah," sambung dia.

Baca Juga: Jika Terlalu Lama Dibiarkan Bisa Sebabkan Stunting, Begini Cara Dapat Perawatan BPJS Kesehatan Gratis untuk Anak Kurang Gizi

Banyak anak banyak rezeki?

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest