Follow Us

BPJS Checking, Perlu Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk Klaim Dana JHT, Ini Caranya

Hinggar - Kamis, 16 Februari 2023 | 13:31
Aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan
dok.TribunMedan

Aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan

GridStar.ID - Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu syarat yang digunakan ketika akan melakukan klaim dana JHT.

Diketahui untuk melakukan klaim dana JHT, peserta perlu membawa dokumen seperti Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, KTP atau bukti identitas lainnya serta NPWP jika saldo lebih dari 50 juta.

Lalu bagaimana jika kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki hilang atau rusak?

Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan baik secara online maupun offline.

1. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi Mobile JKN

  • Unduh aplikasi Mobile JKN di Play Store bagi pengguna Android, sementara IOS bisa melalui Appstore
  • Masukkan email dan password untuk login ke dalam akun Mobile JKN, jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran dengan klik opsi "Daftar akun".
  • Setelah lagin, halaman akan menu akun JMO Pada halaman awal Mobile JKN, klik menu "Profil Saya"
  • Kemudian, pilih "Kartu Digital Anda" Tekan lagi bagian kartu yang muncul
  • Selanjutnya, akan muncul langsung kartu BPJS Kesehatan digital Anda.
  • Disitu tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda yang terdiri dari 11 digit.

2. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang

Peserta bisa melakukan pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang setempat.

Peserta hanya perlu membawa KTP untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaannya.

Untuk mencetak kartu ketenagakerjaan yang hilang, berikut dokumen yang harus dibawa:

  • Fotokopi KTP dan KTP asli.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
  • Surat pengantar dari tempat bekerja yang isinya menerangkan jika Anda masih bekerja di perusahaan tersebut.
  • Surat keterangan dari perusahaan soal nomor kepesertaan.
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang berisi nama perusahaan, nama kepesertaan, nomor kepesertaan, dan keterangan waktu hilangnya kartu BPJamsostek.
Setelah melengkapi seluruh dokumen tersebut peserta perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Peserta menemui petugas yang bersangkutan mengenai penggantian kartu.

Peserta juga bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan digital sendiri melalui aplikasi JMO, berikut langkah yang harus dilakukan:

  • Buka aplikasi JMO, lakukan login akun
  • Selanjutnya, pilih menu Profil Saya
  • Pada halaman Profil Saya, pilih menu Kartu Digital Anda
  • Pilih Kartu Kepesertaan yang ingin di download
  • Kemudian, pada halaman Kartu Digital pilih Klik untuk memperbesar Kartu Digital akan tampil penuh, kemudian klik "Simpan"
  • Kartu Digital berhasil disimpan di gallery ponsel. (*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest