Follow Us

BPJS Checking: Jangan sampai Terlambat Sadar, Antisipasi Penyakit Berbahaya Sedini Mungkin dengan Skrining Kesehatan BPJS

Nadia Fairuz Ikbar - Kamis, 09 Februari 2023 | 15:32
BPJS Kesehatan
Kompas.com

BPJS Kesehatan

GridStar.ID - Mengawali Awal Tahun 2023 peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diimbau untuk bisa melakukan skrining riwayat kesehatan.

Skrining Riwayat Kesehatan upaya promotif dan preventif untuk melihat potensi risiko terhadap empat penyakit yaitu diabetes militus, hipertensi, ginjal kronis, dan jantung koroner dan ini dilakukan satu kali dalam setahun. Peserta bisa melakukan skrining pada Aplikasi Mobile JKN.

Mengutip laman resmi BPJS Kesehatan, Hasbiah Rasyid (48) seorang ibu rumah tangga mengaku dirinya telah melakukan skrining riwayat kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Baru saja kemarin saya melakukan skrining riwayat kesehatan dengan Aplikasi Mobile JKN. Saya di pandu anak saya, ada sekitar 47 pertanyaan, awalnya saya diminta untuk mengisi berat badan, tinggi badan, dan mengisi kontak keluarga yang bisa dihubungi.

"Selanjutnya ada pertanyaan yang berkaitan dengan gelaja yang muncul pada suatu penyakit,” ujar Hasbiah kepada tim Jamkesnews, Kamis (05/01).

Dari hasil yang didapatkan, Hasbiah memiliki risiko rendah empat penyakit tersebut maka tercantum saran-saran kesehatan anjuran pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap hari.

Peserta yang mendapatkan hasil skrining kesehatan memiliki risiko sedang hingga berat, maka akan muncul pemberitahuan untuk segera memeriksakan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar.

“Ternyata menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan banyak fitur yang disediakan dari pengurusan administrasi hingga pelayanan kesehatan, seperti perubahan data dan pendaftaran online itu sangat mempermudah masyarakat dalam pemanfaatan Program JKN,” tuturnya.

Hasbiah menambahkan, diusia yang tidak muda lagi ia harus tetap menjaga diri kita agar tetap sehat.

Baca Juga: Alami Kanker Payudara, Nunung Akui Gunakan BPJS Kesehatan untuk Berobat

“Dengan skrining kesehatan saya dapat mengetahui lebih awal dan mengatisipasi penyakit-penyakit yang tidak diinginkan, apalagi di usia yang semakin bertambah, menjaga pola hidup sehat adalah kewajiban,” tutupnya.

Seluruh peserta JKN usia di atas 15 tahun dapat melakukan skrining melalui Aplikasi Mobile JKN pada fitur skrining riwayat kesehatan, tautan https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id , maupun Chat Asisstant BPJS Kesehatan.

(*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest