Follow Us

Marak Penipuan Program Kartu Prakerja Offline, Manajemen Beri Imbauan

Nadia Fairuz Ikbar - Selasa, 24 Januari 2023 | 19:02
Ilustrasi kartu prakerja
Tribunnews

Ilustrasi kartu prakerja

GridStar.ID - Manajemen program Kartu Prakerja melalui akun Instagram @prakerja.go.id mengungkapkan banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait penawaran pendaftaran Kartu Prakerja secara offline dengan berafiliasi pada pihak tertentu.

Dikutip dari Kompas.com, beberapa tangkapan layar komentar dari netizen yang diunggah dalam instastory Kartu Prakerja, menunjukkan penawaran pendaftaran program Kartu Prakerja secara offline dengan mensyaratkan masyarakat harus membuka rekening BCA atau mengunduh aplikasi Aladin.

"Di desaku mulai kemarin ada orang-orang yang bisa bantuin daftar prakerja. Syaratnya buka rekening BCA, banyak banget yang daftar," tulis komentar salah satu netizen.

"Min tadi di daerah saya Kabupaten Bandung, ada daftar prakerja katanya, tapi disuruh download aplikasi Aladin dulu. Apakah bener min?" tanya akun lainnya.

"Waktu itu ke kampungku juga sama harus buka rekening BCA dan ngasih uang 50 ribu buat saldonya," komentar salah satu netizen terkait tawaran pendaftaran Kartu Prakerja dalam salah satu postingan akun @prakerja.go.id.

Daftar Kartu Prakerja secara mandiri dan online

Terkait hal tersebut, Manajemen Kartu Prakerja memastikan bahwa pendaftaran program Kartu Prakerja hanya dilakukan secara online. Selain itu, pendaftaran dilakukan secara mandiri, bukan melalui pihak lain.

"Pendaftaran Kartu Prakerja hanya dilakukan secara mandiri, online di www.prakerja.go.id," tulis akun @prakerja.go.id dalam unggahan instastory-nya, dikutip Senin (23/01).

Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai aktivitas ilegal tersebut, sebab data masyarakat yang diberikan dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja oleh pihak lain tersebut, tidak bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya.

"Jaga dan sayangi data pribadimu. Kami tidak bertanggungjawab jika ada penyalahgunaan data pribadimu oleh pihak-pihak yang melakukan aktivitas ilegal seperti itu," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Insentif Naik hingga Durasi Pelatihan Bertambah, Cek 6 Perubahan dari Kartu Prakerja 2023

Manajemen Kartu Prakerja pun memberikan tips untuk masyarakat bisa mengidentifikasi pendaftaran Kartu Prakerja yang benar dan resmi dari pemerintah.

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest