Follow Us

Inilah 6 Perubahan Kartu Prakerja 2023 yang Perlu Kamu Ketahui

Nadia Fairuz Ikbar - Senin, 16 Januari 2023 | 16:32
Ilustrasi Kartu Prakerja
Kompas.com

Ilustrasi Kartu Prakerja

GridStar.ID - Program Kartu Prakerja yang akan berjalan pada tahun 2023 mengalami enam perubahan dibandingkan dengan program Kartu Prakerja tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari informasi resminya, dalam rapat koordinasi Komite Cipta Kerja telah memutuskan program Kartu Prakerja akan berlanjut pada triwulan pertama tahun ini dengan skema normal.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022.

Lalu, apa saja perubahan Kartu Prakerja 2023?

1. Bukan bantuan sosial

Sejak dimulai pada 2020 hingga 2022, program Kartu Prakerja menjalankan misi ganda sebagai program peningkatan kompetensi angkatan kerja dan bantuan sosial, sehingga menjadi progran semi-bansos.

Adapun program Prakerja tahun ini hanya akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

2. Pendaftaran Kartu Prakerja

Dikarenakan program ini tidak lagi semi-bansos, makan penerima bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya, bisa ikut mendaftar Prakerja tahun ini.

Baca Juga: Insentif Naik hingga 4,2 Juta, Apakah Penerima Kartu Prakerja Tahun Lalu Bolehkah Ikut Mendaftar di 2023?

3. Nilai manfaat atau insentif

Total manfaat yang akan diterima oleh peserta lolos Prakerja lebih banyak dibandingkan sebelumnya, yakni sebesar Rp 4,2 juta.

Source : Kompas.com

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest