Follow Us

Berobat Cuma Pakai KTP? JKN BPJS Kesehatan Makin Beri Kemudahan untuk Pesertanya

Nadia Fairuz Ikbar - Kamis, 19 Januari 2023 | 09:00
Ilustrasi KTP
kompas.com

Ilustrasi KTP

GridStar.ID - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terbukti mempermudah pesertanya dalam mengakses layanan kesehatan.

Dikutip dari Tribunnews.com, manfaat ini dirasakan oleh seorang warga Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau, Bengkalis bernama Dewi (47).

Ia mengidap sakit lambung dan hipertensi, sehingga setiap bulan ia selalu kontrol ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pilihannya di Klinik Duri Medika.

"Seringkali waktu berobat ketinggalan kartu BPJS Kesehatan, namun di fasilitas kesehatan saya tetap dilayani, cuma diminta tunjukkan KTP.

"Alhamdulillah, saya bolak balik ke fasilitas kesehatan, termasuk rumah sakit, untuk mengurus administrasi nggak pernah ada kendala walaupun kartu JKN saya sering ketinggalan,” ujar Dewi, Kamis (27/10/2022).

Dewi mengatakan, ia pernah mendengar jika saat ini pelayanan kesehatan bisa diakses peserta JKN hanya dengan memperlihatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP saja.

Itulah yang membuatnya kian mengapresiasi BPJS Kesehatan sebab dinilainya mempermudah urusan peserta saat hendak berobat.

"Tidak jarang kan, ada saja penyebab kartu JKN tertinggal. Bisa karena buru-buru atau lupa. Untungnya sekarang bisa pakai KTP, apalagi hampir semua orang sudah punya KTP sekarang. Jadi mudah-mudahan tidak ada masalah saat mau berobat. Yang penting statusnya aktif," ungkapnya.

Selain itu, Dewi juga mengaku pernah menggunakan kartu digital di Aplikasi Mobile JKN. Ia bersyukur sebab menu-menu pada Mobile JKN cukup mudah dipahami dan dioperasikan bahkan oleh orang seusianya.

Baca Juga: Tarif Baru Pelayanan JKN di Tahun 2023, Apakah Berpengaruh dengan Iuran BPJS Kesehatan?

"Untuk orang yang awam teknologi seperti saya, Aplikasi Mobile JKN ini cukup sederhana. Tampilan menu dan petunjuk aplikasinya jelas.

"Walaupun tulisannya masih terlalu kecil buat saya, tapi menu di dalamnya sudah mencakup hampir semua kebutuhan saya sebagai peserta JKN. Selain menu KIS Digital saya juga bisa melakukan perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dokter, ambil nomor antrean sebelum berobat dan masih banyak menu lainnya," kata Dewi.

(*)

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular