Follow Us

Jelang Libur Nataru, Cek Syarat Terbaru Naik Kereta Api Jarak Jauh

Nadia Fairuz Ikbar - Kamis, 22 Desember 2022 | 17:15
Syarat naik kereta api terbaru
dok. Nicholas Ryan Aditya/Kompas.com

Syarat naik kereta api terbaru

GridStar.ID - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), ketentuan terkait syarat naik kereta api 2022 terbaru penting diketahui jika hendak bepergian pakai moda transportasi tersebut.

Pasalnya, syarat naik kereta api Desember 2022 baru saja mengalami perubahan, khususnya untuk syarat naik kereta api jarak jauh.

Bagi Anda yang hendak mengajak anak-anak dalam perjalanan menggunakan kereta api, syarat naik kereta api untuk anak-anak juga perlu diperhatikan.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, lengkap dengan informasi seputar syarat naik kereta api jarak dekat 2022.

Aturan baru perjalanan kereta api

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah merilis ketentuan baru terkait syarat perjalanan kereta api. Aturan terbaru ini berlaku sejak 19 Desember 2022.

Syarat naik kereta api Desember 2022 disesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, ada perubahan pada syarat naik kereta api jarak jauh, terutama untuk syarat naik kereta api untuk anak-anak.

Sebelumnya, pelanggan dengan usia 6 - 12 tahun yang belum vaksin kedua dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Mulai 19 Desember 2022, sesuai syarat naik kereta api 2022 terbaru pelanggan kereta api dengan usia 6 - 12 tahun yang belum vaksin dapat naik kereta api.

Syaratnya adalah memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Baca Juga: Simak Syarat Terbaru Naik Pesawat saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Source : Kompas.com

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest