Follow Us

Penyakit Mulut dan Kuku Mulai Mewabah Pada Hewan Ternak, Apakah Daging Hewan yang Terpapar Aman Dikonsumsi?

Hinggar - Jumat, 13 Mei 2022 | 07:30
Personel Bhabinkamtibmas dari Polres Blitar melakukan kegiatan edukasi wabah penyakit mulut dan kaki hewan ternak sapi kepada warga di pedesaan Kabupaten Blitar, Kamis (12/5/2022)
Dok. Polres Blitar

Personel Bhabinkamtibmas dari Polres Blitar melakukan kegiatan edukasi wabah penyakit mulut dan kaki hewan ternak sapi kepada warga di pedesaan Kabupaten Blitar, Kamis (12/5/2022)

GridStar.ID - Para peternak kini dibuat resah dengan wabah penyakit mulut dan kuku yang dialami hewan ternak.

Wabah ini bahkan telah meluas ke berbagai daerah di tanah air.

Di Jawa Timur, sudah ada laporan ribuan sapi terinfeksi PMK dalam sepekan terakhir, dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Namun, masyarakat tak perlu khawatir, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa PMK pada hewan ternak tidak menular ke manusia.

"Kami sudah diskusi dengan WHO dan badan kesehatan hewan dunia bahwa lenyakit mulut dan kuku ini domainnya ada di hewan, jadi hampir tidak ada yang loncat ke manusia," ujar Budi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Budi menuturkan, proses penularan PMK tak sama seperti Covid-19, flu babi, atau flu burung, di mana virus semula berasal dari hewan kemudian menjangkiti manusia.

Lantas, apakah daging hewan ternak yang terjangkit PMK tetap bisa dikonsumsi?

Daging hewan terdampak PMK aman dikonsumsi

Pakar kesehatan masyarakat veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Prof Mustofa Helmi menyebut bahwa daging sapi yang terjangkit PMK aman dikonsumsi.

Namun, dengan catatan, terlebih dahulu daging harus melalui proses pelayuan, sebagaimana diungkapkan Mustofa dikutip dari laman kominfo.jatimprov.go.id.

Baca Juga: Hampir 2 Tahun Pandemi Covid-19 Melanda Dunia, Kapan Wabah Ini Berakhir? Ini Prediksi Para Petinggi dan Penemu Vaksin

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular