Follow Us

Kapan Waktu Tepat Melatih Anak Belajar Berpuasa? Ini Saran dari Dokter Spesialis Anak

Hinggar - Rabu, 30 Maret 2022 | 16:15
Jadwal buka puasa dan batas imsakiyah Ramadan 1442 H
dok.TribunMedan

Jadwal buka puasa dan batas imsakiyah Ramadan 1442 H

GridStar.ID - Puasa menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat muslim di bulan Ramadan.

Anak-anak yang sudah masuk akil balig juga diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Oleh karena itulah orangtua harus melatih anak-anak untuk melakukan puasa sebelum beranjak dewasa.

Lalu kapan waktu yang tepat mengajarkan anak-anak mulai belajar puasa?

Dikutip dari Kompas.com, Dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan penyakit metabolik Prof. Dr. Damayanti Rusli Sjarif, Ph.D, Sp.A(K) menjelaskan, setiap anak yang ingin belajar puasa diperbolehkan untuk belajar puasa.

“Ketika sudah ada ketertarikan, berapa pun umur anak boleh belajar puasa. Tidak ada pembatasan. Asalkan, kalau sudah tidak kuat anak bisa bilang,” jelas Damayanti, saat berbincang di Instagram Live Ikatan Dokter Anak Indonesia dengan tema Tips Berpuasa untuk Anak.

Dalam mengajarkan puasa kepada buah hatinya, menurut Damayanti, para orangtua juga perlu mengenalkan makna puasa, sehingga anak dapat belajar bahwa puasa tidak sebatas menahan lapar dan dahaga.

“Jelaskan makna puasa sesuai pemahaman anak. Ingatkan juga bahwa puasa anak-anak yang belajar itu tidak punya target. Tidak boleh dipaksakan, kecuali anak sudah akil balig,” kata dia.

Sedikit berbeda dari Damayanti yang menyebutkan bahwa anak bisa belajar puasa ketika sudah ada ketertarikan, dokter spesialis anak konsultan nutrisi metabolik dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K) mengatakan, anak bisa diajari puasa ketika berusia tujuh tahun.

"Pada usia ini dampak kesehatan yang tidak diinginkan akibat berpuasa semakin jarang ditemui," kata Cut, seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/4/2020).

Baca Juga: Lakukan Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan, Apakah Akan Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Kemenkes

Waspadai hipoglikemia pada anak saat puasa

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest