Follow Us

Angin Segar Bagi Perantau! Wakil Presiden Isyaratkan Mudik Lebaran 2022 Tidak Dilarang, Tak Perlu PCR dan Antigen Cukup Ini Syaratnya

Rahma - Rabu, 23 Maret 2022 | 13:01
Wapres Ma'ruf Amin keluhkan persoalan penanganan stunting di Indonesia.
dok. Setwapres

Wapres Ma'ruf Amin keluhkan persoalan penanganan stunting di Indonesia.

GridStar.ID - Bulan Ramadhan tinggal satu minggu lagi.

Persiapan menyambut puasa dan lebaran Idul Fitri mulai dilakukan.

Termasuk kebijakan mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini.

Pemerintah membuka opsi vaksinasi booster sebagai syarat mudik pada Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Melansir Tribunnews, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemudik tidak perlu lagi melakukan tes PCR atau antigen untuk pulang ke kampung halaman.

"Nanti vaksinasi booster itu kita ingin jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Selain vaksinasi sudah lengkap dua kali, harus juga sudah di-booster sehingga demikian tidak perlu ada lagi semacam di-PCR atau di-antigen," kata Ma'ruf dalam kunjungan kerja di Bandung, Selasa (22/03).

Meski demikian, Ma'ruf mengingatkan bahwa ketentuan itu berlaku apabila tidak ada lonjakan kasus Covid-19 menjelang Lebaran mendatang.

Selain itu, Ma'ruf menyebut vaksinasi dosis pertama dan kedua serta vaksinasi booster menjelang bulan Ramadhan, khususnya bagi masyarakat lanjut usia, akan terus digenjot.

"Memang masih harus tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker terutama, kemudian juga mencuci tangan, dan juga vaksinasi," pungkas Ma'ruf.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Para Perantau, Tiket Mudik Lebaran Bisa Dibeli Tanggal Segini, Berikut Tips Agar Tak Kehabisan

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan mudik Idul Fitri pada tahun ini diperbolehkan.

Source : tribunnews

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest