Follow Us

Kabar Baik Bagi Penderita Diabetes, Gula Darah Dijamin Aman dengan Konsumsi Tauge Jika Diolah dengan Cara Ini

Dok Grid - Rabu, 11 Oktober 2023 | 12:02
Ilustrasi tauge
freepic

Ilustrasi tauge

GridStar.ID - Tauge atau kecambah adalah sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai.

Walau ukurannya kecil dan harganya murah, toge mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Melansir Kajian sedap, berkat beragam kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat toge yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Toge mengandung vitamin C, folat, protein, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Pasalnya, beragam nutrisi dan antioksidan tersebut dapat mendukung produksi sel darah putih dan zat antibodi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi.

2. Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi toge juga baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa toge mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan mengatur aktivitas enzim amilase, yaitu enzim yang digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penderita Sakit Gula, Tak Perlu Khawatir Makan Nasi dengan Lauk Enak Ini Aman Bagi Sakit Diabetes Bonusnya Turunkan Berat Badan

Selain itu, toge juga mengandung sedikit kalori dan karbohidrat serta memiliki nilai indeks glikemik rendah, sehingga tidak menyebabkan gula darah cepat meningkat di dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Konsumsi makanan berserat secara rutin seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran, termasuk toge, baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigiselrida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Selain itu, toge juga mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil, sehingga bisa mencegah terjadinya hipertensi.

Source : Sajian Sedap

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest