Follow Us

BPOM Sedang Uji Klinik 5 Vaksin Booster 2022, Ini Daftarnya

Tiur Kartikawati Renata Sari - Senin, 03 Januari 2022 | 19:15
Ilustrasi Vaksin Covid-19
iStockphoto

Ilustrasi Vaksin Covid-19

NOVA.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan ketentuan tentang lima jenis vaksin covid-19 yang berada dalam proses registrasi vaksin booster.

Adapun kelima vaksin tersebut termasuk Pfizer, AstraZeneca, Coronavac/Vaksin PT Bio Farma, Zifivax, dan Sinopharm.

Jika datanya sudah lengkap maka vaksin bus terpisah diujicoba secara klinik.

Baca Juga: Masyarakat Siap-Siap, Ditemukan Transmisi Lokal Omicron di Indonesia, Kemenkes Timbang Pemberian Booster Vaksin Covid-19 Dipercepat

"Dalam waktu dekat mudah-mudahan lengkap datanya, sehingga bisa keluarkan emergency use authorization (EUA)," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam acara Taklimat Bidang PMK di gedung Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Ia mengatakan, uji klinik tersebut dilakukan untuk jenis vaksin berbeda yang digunakan dalam vaksin pertama dan kedua atau heterologus dan vaksin jenis yang sama atau homologus.

"Sedang berproses uji klinik yang dilakukan oleh Balitbang Kementerian Kesehatan untuk Vaksin booster heterologus atau dengan vaksin yang berbeda (dari) vaksin primer 2 dosis pertama, yaitu dengan Vaksin Sinovac, Pfizer, dan AstraZeneca," kata Penny saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca Juga: Demi Uang Rp100 Ribu, Buruh Bangunan Ini Ngaku Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 16 Kali Lantaran Jadi Joki Vaksin

"Juga sedang berproses uji klinik untuk vaksin booster dengan Sinopharm," kata dia.

Sejumlah jenis vaksin Covid-19 sedang proses registrasi di BPOM untuk menjadi vaksin booster sejenis (homologus). Registrasi tersebut, kata dia, menggunakan hasil uji klinik dari negara lain.

"Dengan menggunakan hasil uji klinik dari negara lain untuk vaksin booster homologus sedang berproses registrasi untuk Vaksin Pfizer, Sinovac, AstraZeneca, dan vaksin booster heterologus Sinovac dengan booster Zifivax," ujarnya.

Berikut lima vaksin Covid-19 yang bakal jadi vaksin booster 2022:

Source : Kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest