Follow Us

Berada di Level Waspada, Gunung Semeru Kembali Aktif dan Meluncurkan Awan Panas Guguran dengan Jarak Luncur Sejauh 4,5 KM

Hinggar - Minggu, 17 Januari 2021 | 13:03
Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran pada Sabtu (16/01)
twitter @bnpb_Indonesia

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran pada Sabtu (16/01)

GridStar.ID - Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur kembali menunjukkan aktivitasnya.

Gunung berapi tersebut mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur kurang lebih sejauh 4,5 kilometer.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (16/01) sore pukul 17.24 WIB.

Baca Juga: 2 Hari Lalu Memuntahkan Lava Pijar , Gunung Semeru Kini Keluarkan Awan Panas Selama Hampir 3 Jam dan Meluncur Sejauh 11 Km

Arah asap meluncur ke arah tenggara sedangkan hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah menuju utara sesuai dengan arah angin.

Dalam sebuah video rekaman yang dirilis BNPB, terlihat awan yang cukup pekat dan gelap membumbung tinggi.

Baca Juga: Cuaca Panas Terjadi di Jawa Tengah Selama Beberapa Hari, Ada Hubungannya dengan Aktivitas Gunung Merapi? Ini Jawaban BMKG

Mengenai status Gunung Semeru, saat ini berada di level II atau waspada.

Oleh karenanya, masyarakat yang berada di daerah Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya agar lebih waspada dengan potensi bencana yang mungkin terjadi.

Selain waspada terhadap awan panas yang keluar dari gunung tersebut, masyarakat juga diminta waspada dengan adanya banjir lahar dingin.

Baca Juga: Baim Wong Nekat Gendong Kiano yang Belum Genap Setahun Naik Turun Gunung Melewati Badai, Bagaimana Kondisinya?

Terutama masyarakat yang ada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan, karena intensitas curah hujan yang tinggi bisa memicu datangnya banjir lahar dingin. (*)

Source : Twitter, bnpb

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest