Follow Us

Cuaca Panas Terjadi di Jawa Tengah Selama Beberapa Hari, Ada Hubungannya dengan Aktivitas Gunung Merapi? Ini Jawaban BMKG

Hinggar - Rabu, 11 November 2020 | 07:30
Ilustrasi panas
the schotman

Ilustrasi panas

GridStar.ID - Selama beberapa hari terakhir ini beberapa wilayah di Jawa Tengah mengalami cuaca yang cukup terik dibandingkan biasanya.

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah seperti Surakarta, Sragen, Sukoharjo dan beberapa daerah lain cuacanya terasa cukup panas.

Bahkan saat malam hari pun hawa panas masih sangat terasa.

Baca Juga: Bak Pusaran Angin, 3 Gunung di Pulau Jawa Tertutup Fenomena Awan Lenticularis, Ini Fakta Tentang Awan yang disebut Berbahaya bagi Penerbangan

Ada yang mengkaitkan hal ini dengan aktivitas Gunung Merapi yang kini berstatus siaga.

Benarkah hal tersebut ada kaitannya dengan aktivitas gunung tersebut?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang memberikan penjelasan terkait cuaca panas yang terjadi di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Cobaan di 2020 Seakan Tak Ada Habisnya, Roy Kiyoshi Ramalkan Ada Bencana Alam Dahsyat yang akan Terjadi di Penghujung Tahun

"Cuaca cerah-cerah berawan saat siang hari di tengah musim penghujan ini disebabkan oleh subidensi massa udara kering," ujar Achadi Subarkah Raharjo Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

Achadi juga mengungkapkan bahwa suhu panas ini tak ada kaitannya dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang saat ini berstatus siaga.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest