Follow Us

Risma hingga Sandiaga Uno Kini Masuk Kabinet Usai Jokowi Putuskan Reshuffle, Berapa Gaji dan Tunjangan Menteri?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 23 Desember 2020 | 14:03
Besar gaji dan tunjangan menteri
Kolase Kompas.com

Besar gaji dan tunjangan menteri

GridStar.ID - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pergantian kabinet Indonesia Maju atau reshuffle kabinet.

Beberapa nama baru yang muncul didapuk sebagai menteri sudah tak lagi asing.

Misalnya, Sandiaga Uno dan Risma yang kini menduduki posisi menteri dalam kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Jokowi Umumkan Bakal Jadi Penerima Pertama Vaksin Covid-19 : Ini Memberikan Kepercayaan pada Rakyat Bahwa Vaksin Aman DigunakanDiketahui reshuffle kabinet adalah perubahan dalam anggota-anggota kabinet pemerintah, yang diputuskan oleh kepala pemerintahan (misal, perdana menteri atau presiden).Reshuffle kabinet terjadi ketika pemimpin politik melakukan perombakan atau pergantian para menteri dalam sebuah pemerintahan.Pemimpin pemerintahan atau pemimpin negara mengubah posisi pekerjaan para menteri sehingga menteri yang digeser atau diganti juga berubah tanggung jawabnya.

Baca Juga: Kabar Gembira, Jokowi Umumkan Vaksinasi Covid-19 Digratiskan!

Akibat reshuffle kabinet adalah ada menteri yang diberi posisi pekerjaan berbeda dari sebelumnya, ada menteri yang kehilangan posisi kerjanya, ada menteri baru yang bergabung dengan kabinet.Keenam menteri baru pun sudah diperkenalakan Presiden pada Selasa (22/12/2020).Pertama, Tri Rismaharini yang ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.

Baca Juga: Unggah Foto Lawas, Erick Tohir Sambut Dua Sahabatnya yang Diangkat Jadi Menteri Jokowi: Dulu Nongkrong Bareng, Sekarang Kerja Bareng

Ia meninggalkan jabatan sebelumnya sebagai wali kota Surabaya.Kedua, Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum GP Ansor yang menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Ketiga, Sandiaga Uno yang ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Heboh Kabar Ditunjuk Jokowi Gantikan Juliari Batubara Jadi Menteri Sosial, Risma Akhirnya Buka Suara

Ia menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio. Keempat, Budi Gunadi Sadikin yang menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Kelima, Muhammad Luthfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Terakhir, Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang berstatus tersangka dalam kasus korupsi pengadaan izin ekspor benih lobster.

Baca Juga: Bikin Melongo! Baru Berusia 6 Tahun, Anak Wendy Cagur Punya Bakat Meramal hingga Pernah Ramalkan Nasib Jokowi yang Jadi Kenyataan!Pada Rabu (12/22/2020), para menteri baru akan resmi dilantik menjadi menteri. Menjadi pembantu presiden di Indonesia Maju, berapa gaji Sandiaga, Risma, dan empat orang lainnya?Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2000 tentang Hak Keuangan/Administratif Menteri Negara dan Bekas Menteri Negara Serta Janda/Dudanya, gaji menteri ditetapkan sebesar Rp 5.040.000 per bulan.

Baca Juga: Padahal Sudah Relakan Libur Lebaran, Presiden Jokowi Minta Libur Akhir Tahun dan Cuti Idul Fitri Dikurangi, Begini Penjelasan Menteri Muhadjir Effendy

Source : kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest