Follow Us

Diwajibkan Jadi Syarat Bepergian, Apa Bedanya Rapid Test Antigen dengan Rapid Test Antibodi dan PCR?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Kamis, 17 Desember 2020 | 22:00
Perbedaan Jenis-Jenis Rapid Test
Kompas.com

Perbedaan Jenis-Jenis Rapid Test

GridStar.ID - Wabah virus covid-19 masih menjadi masalah serius yang diahdapi pemerintah.

Kini, pemerintah menerapkan wajib rapid test antigen untuk masyarakat khususnya yang akan keluar masuk Jakarta.

Apa bedanya ya dengan rapid test antibodi dan PCR yang selama ini digunakan?

Baca Juga: Berlaku 18 Desember, Wajib Rapid Tes Antigen Disyaratkan untuk Keluar Masuk Jakarta!

Dikutip dari KompasTV, Rabu (16/12/2020) syarat baru itu adalah penumpang kereta api jarak jauh dan pesawat diwajibkan menyertakan hasil tes PCR atau minimal rapid test antigen sebelum berangkat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan alasannya mengapa penumpang perlu melakukan rapid tes antigen, "Rapid test antigen ini memiliki sensitivitas yang lebih baik bila dibandingkan rapid test antibodi," kata Luhut.

PCR Dilansir dari NPR, 1 Mei 2020, berikut adalah perbedaan antara rapid test antigen, rapid test antibodi, dan tes PCR:

Baca Juga: Aturan Baru, Warga DKI Jakarta yang Menolak Dites Rapid atau Swab Bisa Kena Denda hingga Rp5 Juta!

1. Jenis sampel Pemeriksaan rapid test antibodi dilakukan menggunakan sampel darah.

Sedangkan pemeriksaan rapid tes antigen dan tes PCR dilakukan menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan, dengan metode usap (swab). Sehingga, rapid test antigen terkadang disebut juga dengan swab antigen. Namun, pada dasarnya keduanya adalah tes yang sama.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Tahu Orang Terdekatnya Reaktif, Baim Wong Langsung Lakukan Swab Test Massal, Paula Verhoeven Kaget saat Tahu Hasilnya2. Cara kerja Rapid test antibodi bertujuan mencari antibodi terhadap virus corona. Tubuh menghasilkan antibodi sebagai respons terhadap agen infeksi seperti virus. Antibodi ini umumnya muncul setelah empat hari hingga lebih dari seminggu setelah infeksi. Sementara rapid test antigen dinilai lebih akurat dibandingkan rapid test antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan.Tes PCR menggunakan sampel lendir yang biasanya diambil dari hidung atau tenggorokan seseorang. Tes PCR bertujuan untuk mencari materi genetik dari virus corona.

Baca Juga: Biaya Rapid Test Ditetapkan Lebih Murah dari Sebelumnya, Seorang Ahli Malah Minta Dihentikan: Nggak Ada Gunanya, Buang Duit, Buang Tenaga!

3. Lama waktu tes Baik rapid test antigen maupun rapid test antibodi, hanya membutuhkan waktu 10-15 menit hingga hasil keluar.

Source : Kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular