Follow Us

Selalu Jadi Andalan Selama Pandemi Virus Corona, FDA Tarik Puluhan Merek Hand Sanitizer Karena Miliki Kandungan Berbahaya yang Mengancam Tubuh

Hinggar - Sabtu, 25 Juli 2020 | 08:00
Ilustrasi hand sanitizer
kompas.com

Ilustrasi hand sanitizer

GridStar.ID - Hand Sanitizer menjadi salah satu benda yang selalu ada di dalam tas kita.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, penggunaan hand sanitizer seakan menjadi kebutuhan utama untuk menjaga kebersihan tangan kita.

Namun siapa sangka, beberapa hand sanitizer yang telah beredar disebut mengandung beberapa zat berbahaya.

Baca Juga: Diburu Sejuta Umat, Ternyata Hand Sanitizer Tak Cukup Aman Lindungi dari Pandemi Covid-19 dalam Waktu Lama, Begini Penjelasan yang Wajib Diketahui

Badan Makanan dan Obat (FDA) Amerika Serikat telah memperluas penarikan puluhan merek hand sanitizer karena mengandung metanol.

Metanol merupakan zat beracun yang dapat mengancam tubuh ketika diserap melalui kulit, dapat menyebabkan kebutaan, bahkan kematian jika tertelan.

Dikutip dari laman resmi FDA, metanol bukan termasuk bahan aktif yang bisa digunakan untuk hand sanitizer karena efek toksiknya.

Baca Juga: Mengharukan, di Tengah Pandemi Covid-19, Pendemo di Amerika Serikat Bergiliran Menerima Cairan Hand Sanitizer dari Pengendara Perempuan di Dalam Mobil: Saya Menangis

Konsumen yang telah terpapar produk itu harus segera mencari pengobatan untuk menghilangkan efek toksik metanol.

Paparan metanol substansial dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, dan kerusakan permanen pada sistem saraf atau kematian.

Sejak berlangsungnya pandemi Covid-19, para pejabat kesehatan mendesak warga untuk mencuci tangan selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer demi melindungi diri dari paparan virus corona.

Baca Juga: Berakibat Fatal! Simpan Hand Sanitizer di Dalam Mobil, Berbahaya Untuk Kulit Kita dan Kendaraan, Ini Penjelasan Ahli

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest