Follow Us

Hentikan Pertambahan Pasien Covid-19 dengan Melakukan 3 Langkah Sederhana Ini untuk Putuskan Rantai Penyebaran Virus Corona

Hinggar - Jumat, 24 Juli 2020 | 22:00
Ilustrasi penggunaan masker bedah.
al jazeera

Ilustrasi penggunaan masker bedah.

GridStar.ID - Sampai saat ini kasus baru pasien positif virus corona di tanah air masih terus bertambah.

Beberapa protokol kesehatan sudah disampaikan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebuah penelitian mengungkapkan betapa 3 langkah sederhana yang dilakukan ini bisa mematikan wabah tanpa harus mematikan wilayah di mana kita tinggal.

Baca Juga: Data Pasien Sembuh Lampaui Pasien Baru Positif Covid-19 Pada Kamis 23 Juli, 6 Provinsi Ini Catatkan Kasus Baru Tertinggi

Jika kita mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker wajah, dan menjaga jarak sosial satu sama lain, maka sebagian besar potensi penyebaran Covid-19 akan terhenti.

Ketiga perilaku sederhana ini dapat amat efektif menghentikan rantai penyebaran virus corona, bahkan tanpa vaksin atau perawatan tambahan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Selasa (21/07) dalam jurnal PLoS Medicine, mengungkapkan model dan upaya pencegahan yang dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Terbukti Tekan Angka Kematian Pasien Kritis di Inggris, Kini Jepang Umumkan Setuju Deksametason Digunakan untuk Obati Pasien Covid-19 Setelah Remdesivir

Tingkat kontak dalam penelitian ini didasarkan pada interaksi orang-orang di Belanda, tetapi model ini sesuai untuk negara-negara Barat lainnya.

Demikian diungkapkan para peneliti di University Medical Center Utrecht, Belanda, seperti dilansir laman CNN.

"Epidemi besar dapat dicegah jika ketaatan atas tindakan tersebut melebihi 50 persen," sebut para peneliti.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest