Follow Us

Jangan Salah Kenali Sebelum Terlambat Ditangani, Orangtua Wajib Tahu Ini Gejala yang Terjadi pada Anak-Anak Saat Terinfeksi Virus Corona

Tiur Kartikawati Renata Sari - Sabtu, 28 Maret 2020 | 17:00
(Ilustrasi) Jangan Selah Kenali Sebelum Terlambat Ditangani, Orangtua Wajib Tahu Ini Gejala yang Terjadi pada Anak-Anak Saat Terinfeksi Virus Corona
Shutterstock

(Ilustrasi) Jangan Selah Kenali Sebelum Terlambat Ditangani, Orangtua Wajib Tahu Ini Gejala yang Terjadi pada Anak-Anak Saat Terinfeksi Virus Corona

GridStar.ID - Wabah virus corona atau covid-19 kini menjadi masalah serius di Indonesia.

Virus covid-19 ini bahkan telah diketahui menjangkit 1.000 lebih pasien.

Satu diantaranya, bayi berusia 4 bulan dan anak berusia 7 tahun di Yogyakarta sebagai pasien termuda.

Baca Juga: Nekatnya Bikin Geleng-Geleng Kepala, Jenazah Posifif Covid-19 di Aceh Dibuka Plastik dan Kafannya, Pihak Keluarga Bersikeras Mandikan Jasad Berujung Warga Desa Disemprot Disinfektan

Hingga kini, keduanya masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan covid-19.

Melansir dari Kompas.com, dari http://www.idai.or.id/artikel, publikasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengenai wabah Covid-19 yang terjadi pada anak-anak, penyebab anak terinfeksi virus corona salah satunya setelah berkunjung ke negara atau wilayah yang terjangkit Covid-19.

Maka, bila ada anggota keluarga yang baru pulang dari wilayah atau daerah terjangkit virus corona, sebaiknya tetap melakukan pengawasan mandiri selama 14 hari.

Baca Juga: Bukan Main-Main Jika Berencana Hamil di Tengah Wabah Virus Corona, Menurut Dokter Ini 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan!

Apabila timbul gejala, segera lakukan isolasi mandiri, dan pada anak serta anggota keluarga lain juga perlu dilakukan pengawasan mandiri.

Gejala dapat berupa batuk pilek seperti penyakit common cold atau selesma, yang umumnya bersifat ringan dan akan sembuh sendiri.

Penyakit saluran pernapasan menjadi berbahaya apabila menyerang paru-paru, yaitu menjadi radang paru atau yang disebut pneumonia.

Source : kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest