Indah! Bak Gelembung Sabun, Penampakan Bulan dengan Warna Pelangi, Ini Penjelasan dan Cara Menyaksikannya

Senin, 14 Desember 2020 | 18:02
E. Lenc, V.A. Moss, and K.W. Bannister/CSIRO; D.C. Price/Curtin/Berkeley

Bulan pelangi mirip gelombang sabun. Penampakan ini tidak bisa kita lihat secara kasat mata.

GridStar.ID - Berbagai fenomena alam kerap kali kita temui.

Bulan yang menjadi satelit Bumi, juga meberikan fenomenanya sendiri.

Mulai dari gerhana, supermoon, hingga warna yang ditunjukkannya.

Baca Juga: Bak Pusaran Angin, 3 Gunung di Pulau Jawa Tertutup Fenomena Awan Lenticularis, Ini Fakta Tentang Awan yang disebut Berbahaya bagi Penerbangan

Kita mungkin kerap melihat adanya blood moon, blue moon, dan strawberry moon, tetapi bagaimana dengan bulan yang menunjukkan berbagai macam warna sekaligus bak pelangi?

Hal ini mungkin karena itu bukan indikasi suatu peristiwa, tapi bagaimana kita memandang bulan.

Kalau dilihat dengan mata telanjang, Anda tak akan pernah melihat pemandangan Bulan pelangi mirip gelembung sabun seperti gambar di atas.

Baca Juga: Fenomena Alam di Langit yang Akan Muncul di Bulan November, Mulai dari Hujan Meteor Hingga Gerhana Bulan

Pasalnya, gambar ini dapat ditangkap Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP), rangkaian teleskop radio yang sangat kuat yang terletak di gurun Australia Barat.

Kita tidak akan bisa melihat gelombang radio dengan mata telanjang.

Namun jika kita menangkap gelombang radio yang dipancarkan Bulan, gambaran yang sangat berbeda dan menarik akan kita dapatkan.

Baca Juga: Terakhir Muncul di Tahun 2018 Lalu, Fenomena Alam Bulan Biru Akan Muncul Nanti Malam Tepat Saat Malam Halloween

Dilansir Science Alert, Jumat (11/12/2020), gambar seperti di atas dapat muncul karena Bulan tidak efisien dalam memantulkan cahaya.

Bulan hanya memantulkan sekitar 6 persen dari gelombang radio yang dapat menjangkau itu.

Sebagian besar gelombang radio diserap dan dipancarkan kembali sebagai radiasi benda hitam, sesuai dengan suhu Bulan.

Baca Juga: Viral! Penampakan Awan yang Berbentuk Tak Biasa hingga Disebut Jenis Awan Paling Spektakuler Muncul di Langit Wonosobo, Ini Penjelasan BMKG

Gambar Bulan di bawah ini, misalnya, diambil oleh Teleskop 42,67 meter Observatorium Astronomi Radio Nasional di Green Bank, Virginia Barat.

NRAO via Science Alert
NRAO via Science Alert

Gambar ini menampilkan Bulan dengan gelombang radio. Ada matahari di sebelahnya sehingga memancarkan radiasi lebih panas.

Matahari berada di sebelah kiri Bulan pada saat itu. Inilah sebabnya sisi tersebut memancarkan radiasi yang lebih panas.

Apa yang dilakukan ASKAP secara berbeda adalah mendeteksi polarisasi, atau orientasi, gelombang radio yang dipantulkan.

Baca Juga: Fenomena Mengerikan, Puluhan Warga di Banten Mendadak Tersambar Petir Bersamaan saat Nonton Sepak Bola, Ahli BMKG Ungkap Penyebabnya!

Saat gelombang radio memantul dari suatu permukaan, mereka mengubah orientasi.

Sudut polarisasi akan tergantung pada sudut permukaan gelombang radio yang memantul.

Karena Bulan adalah bola, sudut polarisasi berubah di seluruh permukaan yang terlihat.

Baca Juga: Bentuk Awan Bak Bumbungan Asap Ledakan Bom Nuklir Terlihat di Angkasa Hingga Buat Panik Warga, Apa Sebenarnya yang Terjadi?

"Efek keseluruhannya adalah bahwa orientasi polarisasi akan selalu mengarah ke pusat Bulan, dengan intensitas terbesar di bagian ekstremitas - bagian Bulan adalah tepi luar Bulan yang terlihat," jelas ilmuwan peneliti senior Emil Lenc dari CSIRO Australia.

"Karena warna digunakan untuk mewakili orientasi polarisasi pada gambar di atas, kami melihat ini sebagai efek pelangi di sepanjang dahan bulan, dengan sisi berlawanan dari Bulan memiliki warna yang sama.

"Karena efeknya paling kuat pada anggota badan, ini memberikan efek 'gelembung sabun' secara keseluruhan." Bulan kita adalah hal yang sangat indah. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulPenampakan Bulan dengan Warna Pelangi, Gambar Aneh tapi Nyata

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya