Grow with Google Ajak 1,7 Juta UMKM untuk Terjun ke Dunia Digital dengan Percaya Diri

Kamis, 19 November 2020 | 07:30
NOVA

Grow with Google Ajak 1,7 Juta UMKM untuk Terjun ke Dunia Digital dengan Percaya Diri (Veronica Utami)

GridStar.ID-Tahun ini kita terpaksa beradaptasi dalam banyak hal.

Memang tidak mudah, tapi Google optimis saat melihat orang-orang di sekitar berjuang untuk bangkit dan maju bersama-sama.

Di Indonesia, salah satu bidang yang sangat butuh upaya dari kita semua adalah pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Bantu UMKM, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto Ungkap Peran Google Bantu Realisasikan Transformasi Ekonomi Digital

Google berkomitmen untuk membekali usaha kecil maupun besar dengan kemampuan dan sumber daya digital yang tepat untuk bangkit, terutama di industri-industri yang paling terdampak.

Salah satunya industri pariwisata yang sangat menurun karena pandemi.

Menurut perhimpunan hotel dan restauran Indonesia, pandemi telah menurunkan pendapatan pariwisata Indonesia kurang lebih Rp 85 Triliun hingga Juli lalu.

Baca Juga: Kabar Gembira! Program BLT UMKM Akan Diperpanjang Lagi hingga Desember, Ini Jumlah Target Penerimanya

Tapi, di tengah tantangan yang ada sektor pariwisata bersatu untuk mencari solusi baru.

Untuk mendukung usaha ini, Google bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dan meluncurkan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia.

Inisiatif ini memberikan pelatihan gratis untuk membantu usaha kecil dan tenaga profesional di sektor pariwisata untuk membangun ketrampilan digital yang penting.

Baca Juga: Pelaku Usaha Mikro Belum Dapat Bantuan? Segera Daftar BLT UMKM dengan Lakukan Hal Ini, Mudah kok!

Modul seperti, "Membangun Bisnis Travel Online", membantu mereka bereksperimen dengan taktik digital marketing, merancang strategi rekruitmen khusus untuk masa Covid-19, dan masih banyak lagi.

Dari Sumatra Utara hingga Nusa Tenggara Timur, kami telah melihat lebih dari 200 UKM dan mahasiswa dari berbagai sekolah kejuruan pariwisata memanfaatkan pelatihan ini.

Kementerian Parekraf dan para partner lain berperan penting untuk memastikan efektifitas program pemulihan ekonomi yang sangat diperlukan ini.

Baca Juga: Wajib Tahu Agar Bantuan Tak Hangus Sia-Sia, NIK Tak Terdaftar di eform.bri.co.id, Apakah BLT UMKM Rp 2,4 Juta Masih Bisa Cair?

Wirausahawan dari berbagai bidang telah mengubah cara kerja mereka untuk mengatasi tantangan tahun ini.

Pengetahuan digital yang tepat dapat membantu bisnis mempertahankan dan mencari pelanggan baru dan bahkan mengadaptasi produk serta pelayanannya untuk bisa berkembang online.

Laporan dari AlphaBeta baru-baru ini memprediksi bahwa tenaga kerja yang mempunyai ketrampilan digital dapat menyumbangkan lebuh dari US$ 303 Miliar untuk GDP Indonesia di tahun 2030.

Baca Juga: Jika Tempat Usaha Berbeda dengan Alamat KTP, Ini Hal yang Harus Dilakukan Agar BLT UMKM Rp2,4 Juta Tetap Cair, Apa Syaratnya?

Kami ingin membantu para pemilih bisnis untuk melakukan transisi ini.

Sejak 2015, pelatihan Grow with Google telah membantu lebih dari 1,7 juta pemilik bisnis untuk masuk ke dunia digital dengan percaya diri.

Saat pandemi datang, semua pelatihan dipindahkan ke platform online, dan Google pun mengembangkan modul baru, seperti bekerja jarak jauh dengan tim.

Baca Juga: Kabar Gembira, BLT Rp2,4 Juta Diperpanjang, Bakal Disalurkan untuk 12 Juta UMKM! Ini Syarat Pendaftarannya!

Google menyaksikan ketangguhan para peserta demi mempertahankan bisnis di masa ini.

Bagi banyak pemilik bisnis permasalahan utama untuk bertahan sekarang ini adalah akses ke modal.

Bantuan finansial dapat memberi mereka ruang untuk menyusun strategi baru dan meningkatkan kemampuan mereka.

Baca Juga: Bantuan BLT UMKM Bakal Disalurkan untuk Gelombang 2, Pelaku Usaha Harus Bawa Data Ini sebagai Syarat

Karena itu, Google akan memberikan bantuan senilai US$ 10 juta kepada pemiliki UKM melalui kemitraan dengan KIVA dan penyedia pelayanan finansial lokal lainnya, dana ini akan digunakan untuk memberikan pinjaman dengan bunga rendah kepada pengusaha kecil yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Keadaan yang sulit, dapat menunjukkan diri kita yang sebenarnya. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya