Rindu Travelling? Liburan Keluarga Ala Nirina Zubir ke Singapura Ini Bisa Jadi Inspirasi Saat Nanti Aman Bisa Berwisata Lagi

Rabu, 19 Agustus 2020 | 17:15
koleksi pribadi

Keluarga Nirina saat liburan ke Singapura

GridStar.ID - Lebih dari 6 bulan lamanya kita hanya bisa berada di rumah saja.

Mungkinbanyakdari kita belum bisa menikmati liburan seperti yang biasanya dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan ada beberapa di antara kita yang rencana liburannya harus dibatalkan karena pandemi yang masih terjadi.

Singapore Tourism Board (STB) Indonesia yang bekerjasama dengan influencer Indonesia mencoba menceritakan bagaimana pengalaman mereka saat mengunjungi Singapura dan memberi rekomendasi destinasi wisata untuk rencana saat berwisata sudah diperbolehkan.

Baca Juga: Berniat Ingin Liburan dengan Keluarga, Cristiano Ronaldo Malah Terancam Dihukum Karena Anak Sulungnya, Apa Apa?

Tak hanya berwisata, kita bisa mengedukasi anak dengan cara yang menyenangkan di negara Singapura ini, yuk intip liburan keluarga ala Nirina Zubir yang bisa jadi inspirasi:

1. Menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak

Orchard road merupakan jalan besar sepanjang 2,2 kilometer di pusat kota Singapura.

Tempat ini menjadi destinasi turis yang tekenal, dan menjadi lokasi berbelanja kelas atas Singapura dan dilengkapi dengan tempat berkelas seperti departement stores, restoran dan kedai kopi.

Di sini juga menjadi surga belanja, tempat bermain dan terdapat berbagai atraksi untuk keluarga.

Di tempat ini kita bisa mengajari anak-anak bagaimana bisa menumbuhkan cinta pada lingkungan secara langsung.

Baca Juga: Tak Sengaja Ketemu saat Liburan ke Bali, Hotman Paris Pergoki Nia Ramadhani di Sebuah Beach Club, Ekspresi Istri Ardi Bakrie Langsung Jadi Sorotan

Bersama suaminya, Nirina sangat gigih dalam mengasuh dan mendidik anak mereka agar mencintai lingkungan.

Nirina dan keluarga merasa menemukan tempat yang tepat ketika berwisata ke Singapura. Keluarga Nirina suka berjalan-jalan di jalur pejalan kaki yang lebar.

Di Singapura, berjalan kaki adalah kebahagiaan keluarganya. “Kita nggak perlu khawatir berebut jalan dengan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Beda 180 Derajat, Anaknya Dinikahi Konglomerat Doyan Pamer Barang Mewah, Mertua Reino Barack Cuma Kenakan Jaket Harga Terjangkau saat Liburan ke Luar Negeri Bareng Syahrini

visitsingapore
visitsingapore

Orchard Road

Menurutnya, menyusuri Orchard Road adalah salah satu momen mengesankan bagi anak-anaknya.

“Mereka senang dan enjoy jalan-jalan di Orchard Road, dari gedung satu ke gedung lainnya.”

“Yang kami sangat suka dari Orchard Road adalah kita tidak akan terganggu oleh asap rokok. Orchard Road itu kawasan pertama di Singapura di mana National Environment Agency menegakkan larangan ketat merokok bagi semua orang tanpa kecuali. Selain turis, aturan ketat tentang larangan merokok juga mendapat apresiasi tinggi dari teman-teman pecinta lingkungan.”

Baca Juga: Zaskia Gotik Liburan Bareng Sirajuddin Mahmud Pamer Perut Hamilnya, di Sisi Lain Anak Imel Putri Justru Nangis Sesenggukan karena Hal Ini!

Selain larangan merokok, untuk mendukung tegaknya prinsip ramah lingkungan, Singapura terus meningkatkan mutu sistem angkutan umumnya.

“Infrastruktur di kota ini sangat modern. Begitu tiba di airport, kita sudah bisa menikmati sistem transportasi yang sangat nyaman,” tambah Nirina.

Menurut Nirina, keluarganya juga sangat menyukai petualangan berharga di lingkungan yang asri dan bebas polusi.

Itu adalah salah satu alasan mereka menikmati MRT dan transportasi publik lainnya dan menggabungkannya dengan berjalan kaki untuk menjelajahi aneka ragam tempat wisata di Singapura.

Baca Juga: Baru Umumkan Kehamilan Sebulan Lalu, Perut Zaskia Gotik Saat Liburan Bareng Keluarga Sirrajudin Mahmud Jadi Sorotan, Usia Kandungan sang Biduan Dipertanyakan Netizen: Perasaan Baru Nikah?

2.Mendorong interaksi lintas-budaya di Sentosa Island

Di tempat ini terdapat berbagai atraksi yang cocok untuk keluarga.

Kita bisa bermain di Wave House Singapore di mana tempat ini menjadi satu-satunya instalasi ombak di Asia dan menjadi tempat yang sempurna untuk para peselancar mengasah kemampuannya.

Selain itu ada pula Ola Beach Club.

Baca Juga: Terbongkar Sudah! Luna Maya Labrak dan DM Syahrini Usai Tahu Mantan Kekasihnya Dekat dengan Incess: Seru Ya di London Sama Reino

Tempat ini menyediakan one stop entertaiment untuk keluarga atau wisatawan yang pergi secara berkelompok.

Banyak permainan yang tersedia di sini, mulai dari banana boat, kayak, dan paddle board.

Pengunjung juga bisa menyewa ban besar berbentuk donat alias Ola Donut untuk bersantai dan menikmati semilir angin pantai.

Tak hanya itu saja, kita juga bisa belajar berinteraksi satu sama lain dari berbagai budaya di sini.

Baca Juga: Ketiban Karma! Seorang Pria Asyik Liburan Sama Selingkuhan hingga Rela Dustai Istri Sah, Pulang-Pulang Positif Virus Corona Bareng Wanita Simpanannya

Keluarga Nirina memilih Sentosa Island sebagai tempat bermain favorit mereka. Pulau ini sangat mudah dicapai dari pusat kota Singapura melalui jalan raya, trem, dan moda transportasi lainnya.

Ia dan suami bercerita bahwa keluarga mereka menikmati berbagai atraksi yang seru seperti berseluncur di ombak buatan di Wave House, atau mengendarai ”perahu donat“ di Ola Beach Club.

Menikmati hidangan di kedua tempat tersebut juga mengesankan bagi mereka yang suka bersantap di pantai.

Baca Juga: Beli Voucher Hotel Murah untuk Menginap Usai Pandemi, Jangan Kelewatan Santika Online Travel Fair, Buat Liburan Nanti!

“Anak-anakku suka bermain di pasir putih,” ujar Nirina.

“Memang ini tempat terbuka dan dekat area perairan, tapi kami sih gak pernah cemas karena ada prosedur standar keamanan yang bagus di sana. Semua wahana dilengkapi petugas keamanan atau penjaga pantai, membuat kami tenang melepas anak bermain,” tambahnya.

Selain anak-anaknya bergembira, Nirina berharap pengalaman itu akan menguatkan perkembangan karakter anak-anaknya.

Baca Juga: Usai Dihujat Habis-habisan karena Liburan saat Corona, Akhirnya Krisdayanti Pamerkan Pekerjaannya Jadi Wakil Rakyat, Tampilan Istri Raul Lemos Ikuti Rapat Paripurna Online Ini Bikin Tercengang, Totalitas!

Menurutnya, ia juga melihat keluarga dari berbagai negara juga bergembira di sana. Anak-anak berbagai usia dan dari berbagai kalangan dapat bergaul dan bermain bersama di tempat yang sama.

“Anakku juga bermain dan berinteraksi dengan anak-anak lain dari berbagai bangsa yang hadir Ola Beach Club dan Wave House.

Ini penting sih, supaya anak-anak juga paham kalau etnis dan bangsa-bangsa di dunia itu sangat beragam. Harapannya, kami sebagai orang tua jadi lebih mudah mengajarkan toleransi ke anak-anak,” ungkapnya.

Baca Juga: Kesal Terus Disalahkan karena Berlibur ke Swiss di Tengah Wabah Covid-19, Krisdayanti Tunjukkan Dirinya Tetap Bekerja selayaknya Anggota DPR

3. Pilihan hidangan beragam bagi semua anggota keluarga

Nirina mengakui salah satu masalah pada liburan keluarga adalah menemukan makanan yang enak dan cocok bagi seluruh anggota keluarga.

Tetapi, itu bukan masalah bagi keluarganya ketika berlibur di Singapura.

“Sederhana kok, dengan jalan kaki sedikit dari hotel, kita bisa dengan mudah menemukan bermacam pilihan makanan. Anak-anakku bisa dengan gampang mendapatkan makanan yang cocok bagi lidah mereka, dan mereka juga gak kesulitan beradaptasi,” tuturnya.

Baca Juga: Krisdayanti Diserang Warganet Karena Liburan ke Luar Negeri di Tengah Virus Corona, Raul Lemos Langsung Pasang Badan: Sayalah Pihak yang Disalahkan!

Sesuai pengalaman Nirina, setiap orang dengan makanan kesukaan berbeda dapat dengan mudah menemukan yang mereka cari karena keragaman kuliner Singapura yang terkenal.

“Di Orchard Road, contohnya, sangat mudah menemukan hidangan barat, oriental atau bahkan masakan Padang yang pedas seperti di kampuang ayahku di Sumatera Barat,” tambahnya.

Menikmati waktu makan yang berkualitas dengan keluarga adalah salah satu favorit keluarga Nirina.

“Kami juga bercakap-cakap dengan warga lokal. Interaksi dengan sesama pengunjung bisa berlangsung alami karena kita adalah bagian dari ikatan besar bernama ASEAN. Banyak juga kan warga lokal yang paham Bahasa Melayu. Nah, ini juga mendorong kita supaya tidak ragu berinteraksi dengan mereka,” tuturnya.

Baca Juga: Kesal Bukan Main dengan Tingkah Laku Krisdayanti Liburan ke Luar Negeri, Seorang Dokter Tuliskan Surat Terbuka pada Jokowi, Sindir Halus: Si Wakil Rakyat Dapat Hak Istimewa Tes Covid-19?

4. Menciptakan momen indah keluarga di tempat atraksi unik

Keluarga Nirina menikmati suasana di tengah lebih dari 50.000 satwa laut di akuarium terbesar se-Asia di SEA Aquarium™.

Satwa penghuni wahana tersebut termasuk hiu macan, kerapu raksasa, dan gerombolan ikan pari. Atraksi di wahana ini dikelompokkan ke dalam berbagai bagian.

Maksudnya, agar pengunjung dapat melihat dengan seksama spesies akuatik dari berbagai bentang alam seperti Teluk Bengala, Selat Malaka dan Laut Andaman, serta Great Lakes di Afrika Timur.

visitsingapore
visitsingapore

S.E.A Aquarium

Baca Juga: Bukannya Takut Terinfeksi, Krisdayanti Boyong Sekeluarga Liburan ke Swiss yang Saat Ini Menjadi Negara ke-9 Kasus Virus Corona Terbanyak, Warganet Semprot: Selamat Liburan, Tapi Jangan Pulang!

Mereka juga menikmati pertunjukan lampu air mancur Wings of Time di sore hari.

Pertunjukan ini menjadi penutup sempurna bagi hari yang melelahkan tapi menyenangkan di Sentosa Island.

Di sana, pengunjung dapat bersantai dan mengembalikan tenaga dengan menyaksikan pentas laser yang canggih di Wings of Time.

koleksi pribadi
koleksi pribadi

Keluarga Nirina saat liburan ke Singapura

Atraksi ini didesain dengan teliti untuk menghasilkan permainan cahaya yang indah disertai musik yang unik dan hebat.

Baca Juga: Tak Sengaja Ketemu saat Liburan ke Bali, Hotman Paris Pergoki Nia Ramadhani di Sebuah Beach Club, Ekspresi Istri Ardi Bakrie Langsung Jadi Sorotan

Pertunjukan multimedia di petang hari (termasuk pentas kembang api) tersebut adalah sajian audio-visual bagi anak-anakdan orang dewasa.

Selain itu, menyaksikan Singapura dan Selat Malaka dari wahana raksasa Singapore Flyer juga sensasi tersendiri bagi keluarga Nirina.

visitsingapore
visitsingapore

Singapore Flyer

Roda raksasa setinggi 165 m yang menghadap Marina Bay ini dibuka pada 2008 setelah 2,5 tahun dibangun. Kini, ferris wheel ini adalah salah satu atraksi wisata ikonik di Singapura.

“Kami sekeluarga, terutama anak-anak, rindu untuk kembali ke negeri Singa lagi. Selain memiliki banyak destinasi yang cocok untuk passion kami masing-masing, Singapura juga memiliki ragam warisan budaya yang ingin Ernest dan saya perkenalkan kepada Zizi dan Elzo. Banyak edukasi bisa kami berikan, mulai dari menghormati perbedaan ras dan budaya, hingga mencintai lingkungan,” ungkap Nirina.

Baca Juga: Kecolongan Kadernya Plesir ke Luar Negeri, Djarot Beri Peringatan Krisdayanti dan Raul Lemos: Harusnya Waktu Ini yang Bersangkutan Turun ke Dapil Edukasi Rakyat Pencegahan Corona!

“Saat ini, saya dan keluarga menghabiskan waktu bersama dengan mencoba berbagai

kegiatan yang dapat dilakukan di rumah. Karena sudah kangen jalan-jalan lagi, akhirnya saya membuka koleksi-koleksi foto untuk throwback moment saat kami di Singapura,” tutup Nirina.

Meski kini belum bisa traveling lagi, tidak ada salahnya bernostalgia dengan berbagai momen #Travelthrowback sambil berencana untuk berwisata ke Singapura lagi nanti!

Baca Juga: Beda Halnya dengan si Adik yang Malah Asyik Liburan di Tengah Virus Corona, Yuni Shara Batalkan Semua Pekerjaannya Meski Merugi karena Dapurnya Tak Bisa Ngebul: Ini Masalah Serius!

Untuk bepergian ke Singapura, kita dimudahkan dengan banyak pilihan trasportasi yang cepat dan efisien.

Kita bisa menggunakan MRS (Mass Rapid Transit) yang menjadi cara tercepat untuk keliling kota.

Terlebih lagi sebagian besar atraksi populer di Singapura bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari stasiun MRT sehingga transportasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan.

Baca Juga: Pemerintah Serukan Kerja di Rumah Saja, Anggota Dewan Satu Ini Malah Jadi Bulan-bulanan Warganet Karena Liburan ke Luar Negeri

Pengunjung dapat menggunakan opsi berikut untuk perjalanan MRT:

a. Dapatkan Singapore Tourist Pass (STP), kartu EZ-Link khusus yang akan memungkinkan Anda melakukan perjalanan tanpa batas selama satu hari (S$10), dua hari (S$16), atau tiga hari (S$20).

Kartu dapat dibeli di Kantor Tiket TransitLink di stasiun MRT terpilih yang tercantum, atau di Kantor Penggantian Kartu Konsesi di stasiun Somerset. Tiket juga tersedia setiap hari di Kios STP Otomatis di stasiun Orchard, stasiun HarbourFront, dan stasiun Changi Airport (Terminal 2 dan 3) di dekat Kantor Tiket Transitlink.

Baca Juga: Beda Halnya dengan si Adik yang Malah Asyik Liburan di Tengah Virus Corona, Yuni Shara Batalkan Semua Pekerjaannya Meski Merugi karena Dapurnya Tak Bisa Ngebul: Ini Masalah Serius!

b. Anda dapat menggunakan kartu bank Mastercard® dan Visa yang dikeluarkan di luar Singapura untuk pembayaran tarif transportasi umum di Singapura.

Harap perhatikan bahwa biaya admin berlaku untuk kartu bank yang dikeluarkan di luar Singapura – Anda dapat memeriksa detailnya di situs web TransitLink SimplyGo.

c. Kartu Dewasa (EZ-link/Nets FlashPay): berharga S$12 termasuk nilai kartu, dan dengan nilai tersimpan S$7 untuk Anda gunakan dalam perjalanan Anda. Anda akan dapat membeli kartu ini di Kantor Tiket Transitlink atau mini mart.

Baca Juga: Irwansyah Mangkir dalam Persidangan Kasus Pencucian Uang Malah Liburan ke Eropa, Medina Zein Sindir Pedas Padahal Suka Ngaku Damai: Nanti Kamu Dijemput Paksa loh Sama Polisi!

Kita juga menggunakan transportasi bus saat berada di Singapura.

Bus di sini juga memiliki jaringan rute yang luas dan mencakup sebagian besar wilayah Singapura.

Dengan bus kita bisa menikmati arsitektur kota saat berkeliling dan untuk pembayaran bisa mengunakan kartu pintar (EZ-link/Nets FlashPay) atau Singapore Tourist Pass (STP).

(*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya