Tak Lagi Dipanggil Jokowi, Mantan Menteri dengan Segudang Prestasi Ini Pilih Bertani Sayur Mayur di Tengah Kota, Suksesnya Tak Kalah dengan saat Jadi Pejabat Negara!

Selasa, 28 Juli 2020 | 20:01
Tribunnews

Tak Lagi Dipanggil Jokowi, Mantan Menteri dengan Segudang Prestasi Ini Pilih Bertani Sayur Mayur di Tengah Kota, Suksesnya Tak Kalah dengan saat Jadi Pejabat Negara!

GridStar.ID - Namanya pernah jadi sorotan publik saat masih memegang jabatan Direktur Utama di PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Prestasinya saat memegang jabatan tersebut membuat Presiden Jokowi melirik kinerjanya.

Dirinya langsung diminta untuk masuk Kabinet Kerja di bawah Presiden Joko Widodo menjabat Menteri ESDM.

Baca Juga: Angin Segar Bagi Rakyat Indonesia, Menteri Sri Mulyani Umumkan Bansos Covid-19 Diperpanjang hingga Muncul Fakta Soal Penyaluran Dana Tidak Merata, Ada Apa?

Kini tak lagi dipanggil menjadi menteri, Ignasius Jonan pilih menjadi seorang petani.

Kebun hidroponik milik Jonan tak main-main di kediamannya kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada bagian roof top atau lantai paling atas, tanaman hidroponik Ignasius dibagi menjadi dua kluster.

Baca Juga: Kepincut Kharisma Menteri Pertahanan, Pedangdut yang Mengaku Mantan Istri Kapolsek Kembangan Ini Blak-blakan Ingin Jadi Istri Prabowo Subianto, Ini Sosoknya!

Satu pipa sepanjang 6 meter ditanami sawi, 6 meter lainnya ditanami kangkung. Sementara tanaman hidroponik di halaman rumah dibagi menjadi empat kluster, dengan 2000 bibit tumbuhan ditanam.

Ignasius mengatakan, kesibukan setelah purna tugas tidak benar-benar menyita semua waktunya.

Ia kemudian mencari hobi, dan membuat tanaman hidroponik di rumah menjadi pilihan Ignasius.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Solo Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Menghadap Presiden ke Istana, Menteri Luhut Pandjaitan Ungkap Kondisi Jokowi

"Setelah saya purna tugas kegiatannya tidak banyak, tapi waktunya sama setiap orang.Semuanya punya waktu 24 jam per hari. Jadi saya mulai cari hobi yang kira-kira saya sebelumnya tidak pernah melakukan, dan yang juga kira-kira terjangkau."

"Akhirnya sayabikin tanaman hidroponik saja," ucap Ignasius melansir Tribunnews, Senin, 27 Juli 2020.

Mantan Dirut PT KAI ini membuat tanaman hidroponik atas keinginannya sendiri.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Rakyat Indonesia, Menteri Kesehatan Terawan Resmikan Aturan Baru, Pasien Covid-19 Bisa Klaim Biaya Perawatan, Ini Syaratnya!

Ignasius yang tidak pernah bertani mempelajari konsep-konsep tentang tanaman hidroponik dari internet.

Meski tidak berpengalaman, Ignasius Jonan rupanya tidak pernah gagal panen sejak pertama kali membuat tanaman hidroponik.

"Enggak pernah gagal panen, langsung berhasil," katanya singkat. Ia kemudian membagikan konsep membuat tanaman hidroponik dilansir dari Tribunnews.

@ignasius.jonan

Jonan panen bayam

Baca Juga: Sudah Ditunggu Sekian Lama, Menteri Sri Mulyani Janjikan Gaji Ke-13 Bakal Cair Bulan Agustus, Namun Tak Semua PNS Bakal Terima, Siapa Saja?

Mulanya Ignasius menceritakan, instalasi pipa hidroponik yang total panjang mencapai 40 meter di rumah, tidak dilakukannya sendiri.

"Saya tidak buat sendiri pipa-pipa ini, yang pertama air harus berputar, ada dinamo kecil yang menggerakkan air dari bak air."

"Kalau kluster di atas ini ada 200 titik, bak airnya kecil, 15 liter paling banyak. Pupuk itu kalau beli biasanya pupuk AB, tergantung nanti bisa dibaca komposisinya," jelas Ignasius.

Baca Juga: Masih Jadi Kontroversi, Pemerintah Malaysia Wacanakan untuk Tangkap Transgender di Negaranya, Klaim Bakal Dididik hingga Kembali ke Jalan yang Benar

tanaman hidroponik miliknya. Menaman hidroponik, kata Ignasius, satu prinsip penting yakni air di dalam pipa harus mengalir.

PH air di dalam pipa harus sekitar 5,5. Ignasius menggunakan elektrolit acid untuk menurunkan PH air di dalam pipa bila kadarnya berlebihan.

"Karena hidroponik tidak menggunakan tanah, jadi air ini sangat penting. Kemudian sinar matahari harus cukup. Tidak kena matahari perkembangannya kurang, fotosintesis kurang, sehingga hasilnya tidak baik," jelas Ignasius.

Baca Juga: Bak Ketiban Durian Runtuh, Dua Petugas KRL yang Temukan Uang Rp500 Juta Diangkat Jadi Pegawai Tetap, Terungkap Siapa Pemilik Kantong Kresek Tersebut!

Ignasius juga membagikan tips menyemai bibit sebelum ditanam di lubang-lubang pipa hidroponik.

Saat menyemai bibit, kata Ignasius, harus dipastikan bahwa tangan dalam kondisi bersih.

Menyemai bibit tumbuhan dengan tangan kotor mengganggu proses pertumbuhan bibit.

Bibit tidak akan tumbuh dengan baik.

Baca Juga: PNS TNI Polri Harap Bersabar, Ditanya Kejelasan Soal Gaji ke-13 Menteri Sri Mulyani Masih Diam Seribu Bahasa: Nanti Aja Yah...

"Jangan kena debu, harus bersih. Jangan kotor, sehingga bibit itu waktu disemai tumbuhnya bisa bagus," kata Ignasius.

Namun demikian, eks Menteri Perhubungan ini kembali menegaskan bahwa membuat tanaman hidroponik yang terpenting yakni ukuran PH air tepat. Juga komposisi pupuk sesuai.

"Bu Susi (Susi Pudjiastuti) cerita ke saya (tanaman hidroponiknya) tidak bisa tumbuh bagus, saya usul cek PH air," ujar Ignasius.

Kompas

Ignatius Jonan saat menjabat Menteri ESDM

Baca Juga: Jokowi Omeli Para Menteri, Prabowo Subianto Disindir Terang-terangan oleh sang Presiden: Saya Kira Pak Menhan Lebih Tahu...

Biaya membuat tanaman hidroponik sepanjang 40 meter tidaklah fantastis.

Ignasius Jonan menghabiskan sekitar Rp 2 juta - Rp 3 juta untuk instalasi pipa sepanjang 40 meter dan membeli pompa air.

"Termasuk 200 lubang itu lumayan, kira-kira Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, termasuk saluran air pompa dan pipa. Bibit itu murah, di halaman itu ada 2000-an. Sebulan perawatannya Rp 300 ribu atau Rp 400 ribu," tutur Ignasius

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wawancara Eksklusif Ignasius Jonan: Tak Jadi Menteri, Berkebun Hidroponik, Panen Sawi & Kangkung

Editor : Hinggar

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya