Tak Terima Dituding sebagai Dalang Wabah Virus Corona yang Tersebar di Dunia, Bill Gates Geram: Jutaan Dollar Saya Keluarkan untuk Vaksin Covid-19!

Jumat, 24 April 2020 | 10:30
Kompas.com

Tak Terima Dituding sebagai Dalang Wabah Virus Corona di Dunia, Bill Gates Geram: Jutaan Dollar Saya untuk Vaksin Covid-19

GridStar.ID-Virus corona atau covid-19 saat ini menjadi momok mengerikan bagi masyarakat dunia.

Bagaimana tidak? Virus yang disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar di Wuhan, China ini tercatat telah menginfeksi setidaknya jutaan orang di berbagai belahan dunia, dan puluhan ribu di antaranya meninggal dunia.

Namun siapa yang menyangka bahwa jauh sebelum virus ini menggemparkan dunia, ternyata salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates telah lebih dulu memprediksi mengenai wabah ini.

Baca Juga: Terbukti Ampuh Lebih dari 14 Abad Lalu, Akhirnya Dunia Mengakui Menakjubkannya Cara Nabi Muhammad SAW dalam Menangkal Virus Mematikan hingga Buat Amerika Pasang Papan Reklame Bertuliskan Ini

Tepatnya pada tahun 2015, Bill Gates memprediksi hal ini saat menjadi pembicara di acara TEDx.

Alhasil banyak pihak yang menuding Bill Gates akan menggunakan pandemi untuk merebut kendali sistem kesehatan global dan mengambil keuntungan.

Apalagi beberapa waktu belakangan, Bill Gates turut mendanai penelitian untuk mendiagnosis dan meneliti vaksin virus corona.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Bill Gates Sudah Ramalkan Soal Munculnya Wabah Virus Corona sejak 2018 Silam: Dunia Perlu Mempersiapkan Diri!

Melihat hal ini, Bill Gates menanggapi teori konspirasi yang beredar luas ini, dan bahkan membuat ribuan warga Amerika Serikat turun ke jalan dan menolak vaksinasi.

Dia mengatakan, tuduhan tersebut adalah sebuah ironi.

Apalagi, dia telah menginvestasikan jutaan bahkan miliaran dolar AS untuk mengatasi penyakit menular, termasuk yang menyebabkan pandemik.

Baca Juga: Tercatat sebagai Negara dengan Kasus Virus Corona Tertinggi di Dunia, Amerika Serikat Ungkap Akan Serius Selidiki Teori Konspirasi Covid-19 adalah Senjata Biologis Buatan China

'Situasi gila akan banyak gosip gila'

“Kita sedang berada di situasi yang gila."

"Jadi, pasti akan banyak gosip gila yang beredar."

Baca Juga: Nilai Kebijakan Lockdown Tak Cocok Diterapkan di Indonesia Meski Pasien Corona Melonjak, Mahfud MD Singgung Kondisi Amerika yang Carut-marut: Warga Bawa Senjata Hanya untuk Berebut Makanan

"Saya akan mengatakan itu ironis, jika Anda menuduh seseorang yang melakukan yang terbaik untuk dunia," ujar Bill Gates dikutip dari artikel di laman CCTV.com pada 12 April 2020, lansir dari GridHealth.

“Kita perlu mencari siapakah konstruktor vaksin terbaik yang dapat membuat obat terbaik dan kita perlu melakukan itu tanpa hanya berfokus pada satu negara."

"Kita perlu membuatnya untuk seluruh dunia."

Baca Juga: Dokter Gedung Putih Tak Karantina Donald Trump Usai Pertemuannya dengan Presiden Brasil yang Positif Virus Corona, Orang Nomor 1 di Amerika Ini Sempat Abaikan Larangan Berjabat Tangan

"Termasuk negara yang tidak memiliki dana untuk membayar penelitian vaksin atau pabrik pembuat vaksin,” lanjutnya.

Tribun

(Ilustrasi) virus corona

Menurut dia, tidak semua negara mampu membiayai penelitian tersebut atau pabrik pembuat vaksin.

Untuk diketahui, Bill Gates merupakan salah satu tokoh dunia yang gencar dalam mencari obat untuk virus corona Covid-19.

Baca Juga: Nilai Kebijakan Lockdown Tak Cocok Diterapkan di Indonesia Meski Pasien Corona Melonjak, Mahfud MD Singgung Kondisi Amerika yang Carut-marut: Warga Bawa Senjata Hanya untuk Berebut Makanan

Namun, hal ini justru mengundang debat jika Bill Gates justru berada di balik penciptaan virus corona.

Sementara menurut FactCheck.org menuliskan:

“Sebenarnya ada seminar yang berlangsung pada bulan Oktober 2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins - yang diikuti oleh Yayasan Gates - yang berfokus pada keadaan darurat kesiapsiagaan jika terjadi 'pandemi yang sangat parah."

Baca Juga: Terseret Kasus Penipuan, Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih Kini Dipanggil Polda Jatim, Polisi Ungkap Alasan Keduanya Mangkir dari Panggilan: Ada yang ke Amerika

"Tapi itu tidak berurusan dengan SARS-2019-nCoV (Covid-19), dan itu tidak membuat prediksi kehidupan nyata tentang korban tewas."

Mark Suzman, kepala eksekutif Bill & Melinda Gates Foundation mengatakan, tuduhan itu tak berdasar.

Karena kemunculan video pidato Bill Gates tentang ancaman virus corona di masa depan.

Baca Juga: Ditinggal ke Amerika Serikat Selama 10 Hari, Paula Verheoven Sindir Kedekatan Baim Wong dengan Perempuan Cantik

Dia kemudian menyebut jika isu ini sengaja diangkat kaum antivaksin.

“Sangat menyedihkan, bahwa saat ini ada orang yang menyebarkan informasi yang salah."

"Padahal kita semua seharusnya mencari cara untuk berkolaborasi dan menyelamatkan hidup orang banyak,” kata Suzman mengutip New York Times pada Senin (21/04).

Baca Juga: Unggah Foto Kecelakaan Kobe Bryant, Saaih Halilintar Malah Dituding Comot Unggahan Media Amerika: Nggak Tahu Malu!

Pendapat senada disampaikan Claire Wardle, direktur eksekutif First Draft –sebuah organisasi yang memerangi disinformasi online.

Dia mengatakan narasi tudingan Bill Gates memang cukup gencar disuarakan orang-orang antivaksin.

Kata Wardle, teori konspirasi yang menyebut Bill Gates terlibat dan menciptakan Covid-19 dianggap dapat merusak apa yang orang pikirkan tentang vaksin corona.

Baca Juga: Sebelum Lina, Mbak You Sebut Rumah Tangga Icha dengan Bule Berantakan karena Ulah Teddy hingga ke Amerika Jadi Tukang Pijat!

“Narasi ini memiliki potensi bagian dari kampanye online yang terkoordinasi dan bisa membuat orang tak mau menggunakan vaksin virus,” katanya.

Virus corona berakhir di akhir tahun 2020

Kompas.com

Bill Gates

Bill Gates, pendiri Microsoft justru terang-terangan memprediksi virus Covid-19 baru akan berakhir di tahun tahun.

Bill Gates pun memiliki alasan mengapa dapat dengan yakin mengatakan virus mematikan itu baru musnah akhir tahun 2020.

Baca Juga: Beredar Foto Langka Penampakan Laboratorium Wuhan yang Simpan 1500 Virus Mematikan, Terdapat Segel yang Rusak Perkuat Kecurigaan Dunia Tentang Asal Mula Covid-19, Donald Trump Sampai Lakukan Ini!

Menurutnya, untuk membuat virus corona tidak menyebar lebih luas maka berbagai pihak perlu dengan cepat mengembangkan vaksin penangkalnya.

Bukan hanya puluhan, Bill Gates menyebut vaksin pemusnah virus corona justru harus diproduksi hingga miliaran dosis.

Tak hanya itu vaksin penangkal virus corona juga harus diproduksi dalam waktu yang sangat cepat.

Baca Juga: Dokter Gedung Putih Tak Karantina Donald Trump Usai Pertemuannya dengan Presiden Brasil yang Positif Virus Corona, Orang Nomor 1 di Amerika Ini Sempat Abaikan Larangan Berjabat Tangan

Gates menyebut bahwa negara maju seperti Amerika Serikat sangat bisa memerangi virus mematikan itu.

Namun lagi-lagi, perlu diingat memerangi virus corona harus dilakukan secara global.

Tak bisa Amerika Serikat membuat vaksin itu hanya untuk dirinya saja.

Baca Juga: Tak Hanya Paru-Paru, 8 Organ Dalam Tubuh Ini Juga Akan Mengalami Masalah Jika Seseorang Terinfeksi Virus Corona! Apa Saja?

"Segala sesuatunya tidak akan kembali normal sebelum kita memiliki vaksin yang telah menyebar ke seluruh dunia," kata Gates kepada Fox News, Minggu (5/4) seperti dikutip South China Morning Post.

Pada Kamis (02/04) pekan lalu, Gates meminta Pemerintah AS untuk mulai membangun pabrik untuk pengembangan vaksin yang paling menjanjikan dalam memerangi virus corona.

Dalam blog GatesNotes, Gates menyatakan, pengembangan vaksin memang bisa menyebabkan hilangnya jutaan dolar AS. Sebab, beberapa vaksin mungkin tidak akan pernah digunakan.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona Pangeran Harry dan Meghan Markle Kepergok Lakukan Hal ini di Jalanan Los Angeles!

Karena itu, tidak ada perusahaan swasta yang bisa mengambil risiko itu.

Tetapi, Gates menegaskan, itu akan menjadi satu-satunya cara untuk memastikan produksi vaksin secara massal.

"Perusahaan swasta tidak bisa mengambil risiko semacam itu, tetapi pemerintah bisa," ujarnya.

Baca Juga: Belum Ada Vaksin Covid-19 yang Ditemukan, Tapi Tercatat 600.000 Orang Dinyatakan Berhasil Sembuh dari Virus Corona! Ternyata Hal Inilah yang Dilakukan oleh Para Dokter

Gates Foundation, yang terutama mendanai program kesehatan, telah menyediakan US$ 105 juta untuk memerangi pandemi global virus corona. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : Tribun Manado

Baca Lainnya