Follow Us

Jangan sampai Ketinggalan! Syarat dan Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2023 dengan Kereta Api

Nadia Fairuz Ikbar - Rabu, 29 Maret 2023 | 09:02
Mudik Motor Gratis 2023
dok.Tribunnews

Mudik Motor Gratis 2023

GridStar.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program pengiriman angkutan sepeda motor gratis (Motis) pada periode mudik Lebaran 2023.

Adapun tujungan program ini untuk menekan jumlah kendaraan roda dua dan mengurangi angka kecelakaan di jalan saat mudik.

"DJKA lakukan program Motis, kita akan memudahkan penggunaan motor di jalan raya dengan menggandeng KAI untuk mengurangi. Ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan memerhatikan kelelahan para pengguna motor," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono dalam acara "Ngobras soal Pengembangan Stasiun Manggarai dan Program Motis 2023" di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (20/02).

Djarot mengatakan, program pengiriman motor gratis tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana KA barang pengangkutan motor akan disambungkan dengan KA penumpang.

Ia mengatakan, selama program Motis, kereta api akan melewati tiga lintasan yaitu lintasan Utara (Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang PP), lintasan tengah (Jakarta-Puwosari PP), lintasan Barat Selatan (Kiaracondong-Purwosari PP).

"Kemudian secara tarif, kita kenakan cukup murah yaitu antara Rp10.000 sampai Rp 20.000 (per orang) ini sudah untuk dua tiket (penumpang dan motor)," ujarnya.

Adapun pelaksanaan Motis selama angkutan mudik yaitu 11-20 April 2023 dan angkutan balik 25 April - 4 Mei 2023 ( 10 hari).

Baca Juga: Angin Segar, Jelang Mudik Lebaran 2023 Garuda Pastikan Harga Tiket Pesawat Tak Naik

Berikut cara mendaftar program pengiriman motor gratis (Motis) dengan kereta api:

  1. Masa periode pendaftaran 1 Maret 2023 sampai 3 Mei 2023
  2. Daftar melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan seluruh stasiun yang melayani program Motis
  3. KTP, SIM, Kartu Keluarga, STNK,
  4. Besaran motor
  5. Pendaftaran melalui website mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk.
  6. Calon pendaftar yang memiliki tiket mudik kereta api atau moda lainnya terlebih dahulu dengan nama, tanggal keberangkatan dan kota yang sama
  7. Setelah pendaftaran disetujui, serahkan motor yang akan dikirim ke stasiun yang telah ditentukan, maksimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan maksimal 1 hari setelah motor tiba dengan membawa bukti daftar dan bukti kirim
  8. Petugas akan mengosongkan tangki BBM motor penumpang pada saat motor akan dinaikkan ke rangkaian kereta api untuk dikirimkan.
(*)

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular