Follow Us

Sudah Dimulai! Daftar Online Mudik Gratis 2023 dengan Kapal Laut, Ini Caranya

Rahma - Jumat, 24 Maret 2023 | 19:02
Mudik dengan kapal feri

Mudik dengan kapal feri

GridStar.ID - Pendaftaran mudik gratis dengan kapan laut sudah dimulai.

Masyarakat dapat mendaftar mudik gratis dengan kapal laut yang diadakan Kementerian Perhubungan.

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor ini dimulai sejak 23 Maret hingga 5 April 2023.

Mudik gratis 2023 bertujuan untuk mengurangi pemudik dengan sepeda motor sehingga meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting mengatakan, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini juga sebagai bentuk dukungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengenalkan moda transportasi alternatif untuk mudik di tahun 2023 ini.

"Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan bagi pengemudi motor, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut bisa sebagai moda alternatif untuk mudik lebaran," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/03).

Pada 2023 ini diprediksikan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik.

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, jumlah pemudik tahun ini mencapai 123,8 juta orang atau naik jika dibandingkan pada 2022 sebesar 85,5 juta orang.

Untuk itu dengan mudik gratis 2023 untuk sepeda motor dengan kapal laut ini diharapkan dapat menekan kepadatan mudik yang ada.

"Dengan diprediksikannya peningkatan jumlah pemudik pada tahun 2023 ini, kami harap dengan adanya mudik gratis ini dapat memberikan dampak yang positif," kata Hendri.

Baca Juga: Pendaftaran Jakarta Mudik Gratis 2023 Mulai Dibuka, Ini 6 Lokasi Pendaftaran Secara Offline dan Rute Tujuannya

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest