Follow Us

Apa Saja Program BPJS Ketenagakerjaan yang Bisa Didapatkan Siswa dan Mahasiswa yang Melakukan Kerja Praktek?

Hinggar - Jumat, 24 Maret 2023 | 18:00
Ilustrasi mahasiswa Magang dilindungi BPJS Ketenagakerjaan
Kompas.com

Ilustrasi mahasiswa Magang dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

GridStar.ID - BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan untuk para pekerja.

Perlindungan jaminan pekerja ini diberikan kepada pekerja formal maupun informal.

Tak hanya pekerja formal dan informal, siswa dan mahasiswa yang tengah magang pun juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Peserta magang, tenaga hororer, peserta pendidikan pengembangan bakat dan minat, siswa dan mahasiswa kerja praktek akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan segmen bukan penerima upah.

Siswa dan mahasiswa magang yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

1. Jaminan Kecelakaan Kerja

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) adalah manfaat berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja atau penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

BPJS Ketenagakerjaan wajib membayarkan manfaat JKK berupa pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan medis dan santunan berupa uang yang meliputi penggantian biaya transportasi, santunan sementara tidak mampu bekerja (STMB), santunan cacat, santunan kematian, biaya pemakaman, santunan berkala, orthese/prothese, penggantian gigi tiruan, penggantian alat bantu dengar, penggantian biaya kacamata dan beasiswa pendidikan kepada peserta penerima upah atau ahli warisnya.

2. Jaminan Kematian

Jaminan kematian merupakan manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

Baca Juga: JKP BPJS Ketenagakerjaan Belum Cair, Cek Mungkin 2 Syarat Ini Belum Terpenuhi

Manfaat Jaminan kematian yang akan didapatkan oleh ahli waris jika peserta meninggal antara lain:

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular