GridStar.ID - Modus penipuan yang memanfaatkan aplikasi atau media sosial ramai menjadi sorotan.
Masyarakat kini juga harus mewaspadai dengan penipuan social engineering.
Rekayasa sosial atau social engineering merupakan penipuan yang memanipulasi psikologi korban hingga bersedia membocorkan data pribadinya.
Tindakan kejahatan ini biasanya akan mengincar data nasabah perbankan.
Para penipu akan berpura-pura sebagai kurir paket yang mengirimkan link resi, petugas customer service bank, mengirimkan undangan pernikahan atau upgrade nasabah prioritas.
Executive Vice President Center of Digital PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Wani Sabu menyampaikan jika seseorang telah menjadi salah satu korban dari social engineering tersebut maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menelpon contact center bank.
"Yang pertama sebenarnya yang harus kita lakukan adalah segera telepon ke bank bisa lewat contact center-nya. Ke kantor polisinya nanti," ujarnya dikutip dari Kompas.com.
Berikut contact center bank yang bisa dihubungi:
Halo BCA di nomor 1500888,
Bank Mandiri di nomor 14000,
BRI di nomor 14017 atau 1500017,