Follow Us

Kata Siapa Pengusaha Tak Bisa Daftar BPJS Ketenagakerjaan? Cuma dengan NIK dan KTP Bisa Langsung Jadi Peserta

Nadia Fairuz Ikbar - Jumat, 24 Februari 2023 | 06:01
BPJS Ketenagakerjaan
Kompas.com

BPJS Ketenagakerjaan

GridStar.ID - Simak cara daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja informal.

Diketahui sebelumnya, pemerintah memberikan bantuan subsidi gaji sebesar Rp 1 juta dengan syarat terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Lantas, bagaimana cara daftar BPJS Ketenagakerjaan itu?

Simak tahapannya berikut ini dilansir dari Kompas.com, Rabu (25/01)

Bagi pekerja informal seperti driver ojek online hingga pedagang asongan bisa mendaftar BPJS Ketenagakerjaan untuk menjadi peserta berbagai program jaminan sosial mulai dari program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian.

Dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, yang masuk dalam kategori peserta bukan penerima upah termasuk di dalamnya wirausaha, freelancer, dan pekerja paruh waktu.

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja informal bisa dilakukan dengan hanya menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan email.

Terdapat empat cara daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja informal atau peserta bukan penerima upah, yakni melalui layanan kontak fisik (manual) di kantor cabang, pendaftaran di service point office (SPO), pendaftaran melalui website, serta pendaftaran melalui Agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai).

Baca Juga: Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan, JHT Bisa Cair Setelahnya

Berikut adalah cara daftar BPJS Ketenagakerjaan sekaligus alurnya seperti dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan:

1. Layanan kontak fisik (manual) kantor cabang

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest