Follow Us

Tak Perlu Keluar Biaya Sepeserpun, Begini Cara USG Gratis di Puskesmas atau Rumah Sakit Ditanggung BPJS Kesehatan

Dok Grid - Jumat, 15 September 2023 | 16:04
Biaya USG tanpa BPJS Kesehatan
dok.iStock

Biaya USG tanpa BPJS Kesehatan

GridStar.ID - USG kehamilan di Puskesmas dan Rumah Sakit dengan BPJS gratis dapat dimanfaatkan oleh siapa saja peserta BPJS Kesehatan.

Namun USG kehamilan di puskesmas dan rumah sakit dengan BPJS gratis memiliki syarat dan cara tertentu.

Tak sembarang kondisi ibu hamil dapat melakukan USG kehamilan dengan BPJS gratis.

Melalui laman resmi bpjs-kesehatan.go.id, BPJS Kesehatan juga mengatakan bahwa proses bersalin baik secara normal maupun persalinan dengan operasi tetap ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Untuk mendapatkan pelayanan itu, ibu hamil harus terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan mengikuti prosedur berobat yang berlaku.

Seperti pengobatan penyakit lainnya, pemeriksaan kehamilan dan proses persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan memiliki prosedur yang sama, yaitu melalui sistem rujukan berjenjang.

Dilansir dari Kompas, untuk pemeriksaan kehamilan secara rutin, ibu hamil peserta BPJS Kesehatan dapat mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), seperti puskesmas, klinik swasta, dokter perorangan, atau bidan dengan catatan FKTP itu berjejaring dengan BPJS Kesehatan.

Pada saat persalinan, yang harus peserta lakukan pertama kali adalah mendatangi FKTP terdekat yang memiliki fasilitas bersalin dengan ketentuan berikut:

  • Untuk peserta yang melahirkan secara normal tanpa ada gangguan dapat langsung ke FKTP terdekat tanpa rujukan.
  • Untuk peserta yang memiliki kehamilan berisiko tinggi atau ada gangguan dan kelainan dalam proses persalinannya, peserta akan dirujuk untuk melakukan persalinan ke faskes tingkat lanjutan.
  • Untuk ibu hamil peserta BPJS Kesehatan yang sedang dalam keadaan darurat (pendarahan, kejang kehamilan, ketuban pecah dini, dan kondisi lain yang dapat menyebabkan kecacatan) dapat langsung dibawa ke rumah sakit.
Baca Juga: Pasang Gigi Palsu Bisa Gratis Ditanggung BPJS Kesehatan? Simak Cara dan Syaratnya di Sini

Itulah situasi yang memungkinkan diberlakukannya ketentuan mengenai melahirkan di rumah sakit dengan BPJS tanpa rujukan.

Lebih lanjut, saat berkunjung FKTP atau rumah sakit jangan lupa membawa dokumen-dokumen seperti kartu peserta, KTP, dan buku kesehatan ibu dan anak.

Bisakah menggunakan layanan USG kehamilan menggunakan BPJS?

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular