Follow Us

Rekrutmen CPNS dan PPPK Kembali Dibuka untuk Umum di Tahun 2023

Nadia Fairuz Ikbar - Kamis, 02 Februari 2023 | 11:15
laman sscasn
BKN RI

laman sscasn

GridStar.ID - Pemerintah terus mempersiapkan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) di tahun ini.

Rekrutmen akan dibuka untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Melansir laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), rekrutmen CASN tahun ini akan dibukan untuk umum, tak hanya melalui jalur kedinasan.

“Seleksi (CASN) tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Selasa (31/01) .

Formasi prioritas CASN 2023

Saat ini pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) dan pendidikan. Selain kedua formasi tersebut, formasi talenta digital juga akan diberikan prioritas.

“Pemerintah juga memberikan prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” tutur Anas.

Terkait dengan tahapan seleksi CASN 2023, lanjut Anas, saat ini institusi pemerintah dalam proses persiapan formasi pengusulan.

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” jelas dia.

Baca Juga: Rekrutmen CASN 2023 Akan Dibuka, Cek Formasi yang Dibutuhkan

Penetapan kebutuhan formasi

Adapun rekrutmen CASN tahun ini mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung program strategi nasional termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular