Follow Us

Perhatikan Kombinasi Vaksin Booster Covid-19 Kedua, Ini Rekomendasinya

Rahma - Rabu, 25 Januari 2023 | 13:31
Ilustrasi vaksin Covid-19 Janssen yang diproduksi Johnson & Johnson. Vaksin dosis tunggal ini dapat izin penggunaan darurat WHO.
SHUTTERSTOCK/Carlos l Vives

Ilustrasi vaksin Covid-19 Janssen yang diproduksi Johnson & Johnson. Vaksin dosis tunggal ini dapat izin penggunaan darurat WHO.

GridStar.ID - Vaksinasi booster kedua covid - 19 untuk masyarakat umum dimulai hari, Selasa (24/01).

Vaksin booster kedua ini diberikan pada masyarakat umum secara gratis.

Ketetapan ini tertulis dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum.

Jenis vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua ini adalah vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), melalui rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

"Pemberiannya juga akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin di masing masing daerah," dikutip dari akun Twitter resmi Kemenkes (@KemenkesRI), Selasa (24/01).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi dapat langsung mengunjungi Faskes atau Pol pelayanan vaksinasi Covid - 19 terdekat di kota masing masing.

"Vaksinasi dapat dilakukan tanpa menunggu tiket atau undangan dari PeduliLindungi, gratis," ujarnya.

Melansir Kontan.id, berikut daftar kombinasi dosis untuk suntikan vaksinasi booster kedua:

Baca Juga: Tersedia 300 Titik, Cek Lokasi Vaksin Booster Kedua untuk Umum di Sini

Kombinasi untuk booster pertama Sinovac: AstraZeneca diberikan separuh dosis (half dose) atau 0,25 mlPfizer diberikan separuh dosis (half dose) atau 0,15 mlModerna diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 mlSinopharm diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 mlSinovac diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 mlZivifax diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 mlIndovac diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 mlInavac diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml

Kombinasi untuk booster pertama AstraZeneca:Moderna diberikan separuh dosis (half dose) atau 0,25 mlPfizer diberikan separuh dosis (half dose) atau 0,15 mlAstraZeneca diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest