Follow Us

Berapa Biaya Transplantasi Ginjal Jika Tak Ditanggung BPJS Kesehatan?

Nadia Fairuz Ikbar - Minggu, 22 Januari 2023 | 15:01
Surat rujukan online BPJS Kesehatan
dok. Tribunnews

Surat rujukan online BPJS Kesehatan

GridStar.ID - Penyakit gagal ginjak merupakan salah satu penyakit katastropik atau penyakit bebiaya mahal, yang ditanggung oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk peserta yang didiagnosa penyakit gagal ginjal.

"BPJS Kesehatan melakukan simplifikasi prosedur melalui kemudahan akses pelayanan dan administrasi bagi pasien cuci darah/hemodialisis (HD) yang menjalani perawatan terapi rutin di rumah sakit," terang Ali Ghufron dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan.

"Perpanjangan rujukan juga dapat dilakukan di rumah sakit melalui aplikasi Vclaim tanpa perlu mengurus ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Masa berlaku rujukan pun diperpanjang menjadi 90 hari," ungkap Ghufron.

Ghufron juga menjelaskan pembiayaan untuk kasus penyakit katastropik, tetap menempati proporsi terbesar dari total biaya pelayanan kesehatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Biaya katastropik mencapai 21-25 persen dari biaya pelayanan kesehatan rujukan pada tahun 2018-2021. Sementara untuk diagnosa gagal ginjal, termasuk dalam empat terbesar pembiayaan katastropik yaitu 10 persen dari total biata katastropik pada tahun 2021.

"Meskipun selama pandemi adanya penurunan kunjungan layanan kesehatan secara keseluruhan, tetapi khusus untuk kasus-kasus katastropik seperti gagal ginjal tetap tinggi karena peserta tetap rutin berkunjung ke rumah sakit untuk mendapat layanan," ujar Ghufron.

"Pada tahun 2021 ada 6,3 juta layanan (kasus) gagal ginjal dengan biaya sekita Rp 6,5 triliun," imbuh Ghufron.

BPJS Kesehatan menjamin berbagai pelayanan kesehatan gagal ginjal mulai dari transplantasi ginjal dengan biaya Rp 378 juta untuk satu kali tindakan.

Baca Juga: Cek Daftar 4 Layanan KB yang Sudah Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan

Lalu cuci darah/hemodialisis dengan biaya Rp 92 juta per tahun jika dilakukan 2 kali seminggu per pasien, dari layanan CAPD dengan biaya Rp 76 juta per tahun untuk satu pasien.

Sementara untuk sebaran pembiayaan pelayanan hemodialisis, berdasarkan kelompok usia, secara umum pembiayaan terbanyak didominasi kelompok usia 51-55 tahun.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular