Follow Us

BPOM Umumkan Produk Obat Sirup yang Aman Digunakan dari Empat Pelarut Berbahaya per 22 Desember 2022

Hinggar - Jumat, 23 Desember 2022 | 12:02
Ilustrasi obat sirup
shutterstock

Ilustrasi obat sirup

GridStar.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Kamis (22/12) mengumumkan produk obat sirup yang aman digunakan.

Daftar ini diperoleh melalui hasil penelusuran dan verifikasi hasil pengujian oleh BPOM.

Diketahui sebelumnya, jika ada beberapa obat sirup yang mengandung obat pelarut yang dinilai berbahaya seperti Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, dan/atau Gliserin/Gliserol.

Dilaporkan sebanyak 177 obat sirup tidak mengandung empat pelarut berbahaya tersebut.

"Saat ini terdapat total 177 produk sirup obat yang tidak menggunakan keempat pelarut, yang dinyatakan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai," tulis BPOM.

Selain itu, dari hasil verifikasi yang dilakukan sejak 30 November hingga 14 Desember 2022, terdapat 160 produk yang telah memenuhi ketentuan.

"Dengan demikian, BPOM menyatakan 332 produk sirup obat dari 38 Industri Farmasi (IF) telah memenuhi ketentuan dan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai," terang BPOM.

Daftar obat sirup yang aman digunakan berdasarkan data registrasi BPOM bisa dicek di sini.

Sedangkan daftar obat yang aman digunakan sesuai dengan hasil verifikasi pelaksanaan pengujian bahan baku bisa di cek di sini.

BPOM akan terus memperbarui informasi terkait hasil pengawasan terhadap sirup obat.

Baca Juga: Daftar Obat Sirup yang Aman Digunakan Hasil Uji BPOM per 22 Oktober 2022

Informasi akan disampaikan secara bertahap dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan didasarkan pada database registrasi produk di BPOM serta verifikasi hasil pengujian bahan baku dan produk sirup obat.

(*)

Source : Kompas.com, BPOM

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest