Follow Us

BPOM Rilis Daftar Merek Kopi yang Mengandung Paracetamol dan Sildenafil, Ini Efek Samping yang Akan Dialami Jika Mengkonsumsinya

Hinggar - Sabtu, 05 Maret 2022 | 17:45
Ilustrasi es kopi
Kompas

Ilustrasi es kopi

GridStar.ID - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan sejumlah kopi saset yang mengandung bahan kimia obat.

Dalam kopi saset yang ditemukan kandungan paracetamol dan sildenafil.

BPOM mengumumkan enam merek kopi saset yang mengandung parasetamol dan sildenafil pada Jumat (04/03).

Berikut daftar lengkap kopi yang mengandung bahan kimia tersebut:

  • Kopi jantan
  • Kopi Cleng
  • Kopi Badak
  • Spider
  • Urat Madu
  • Kopi Jakarta Bandung
Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Kolesterol, Buah yang Mudah Ditemukan di Pasar Ini Ampuh Usir Lemak Jahat pada Tubuh

"Tentunya harus diketahui masyarakat ini (kopi temuan BPOM) untuk meningkatkan stamina siapapun mengonsumsinya, terutama stamina laki-laki ini dan obat anti nyeri yang digunakan bersamaan tentunya akan menunjukkan sesuatu yang meningkatkan energi daya tahan tubuh," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (04/03).

Penny mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap produk-produk tertentu meskipun di kemasannya sudah tertera izin BPOM.

Sebab kata dia, tidak menutup kemungkinan produsen memalsukan izin BPOM-nya.

“Itulah kenapa kita perlu mengecek BPOM mobile, kalaupun kita sudah melakukan check kemasan, label, kedaluwarsa, tapi tetap harus cek kembali apa betul izin edarnya itu adalah betul-betul tidak palsu," jelas Penny.

Apa saja efek yang dialami jika kita mengkonsumsi parasetamol di luar dosis yang dianjurkan?

Dikutip dari Drugs.com, Sabtu (5/3/2022), konsumsi obat kimia paracetamol yang terlalu banyak dari dosis yang dianjurkan (overdosis) dapat membahayakan sistem organ hati.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest