Follow Us

Cuma Pakai KTP, Begini Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Kamu Masih Aktif atau Tidak via Online

Dok Grid - Senin, 27 November 2023 | 16:05
BPJS Ketenagakerjaan
kompas.com

BPJS Ketenagakerjaan

GridStar.ID - Bagaimana cara mengetahui BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak? Cek status BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara online.

Cek BPJS Ketenagakerjaan online menjadi pilihan praktis bagi Anda yang masih bingung mengenai cara cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak.

Berikut ini informasi seputar langkah-langkah cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, termasuk panduan mengenai cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP.

Sebelum mengetahui cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, sebaiknya pahami dulu pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan perlindungan sosial untuk para pekerja di Indonesia. Kepesertaan bersifat wajib bagi setiap orang.

Baca Juga: BPJS Checking, Berapa Lama Proses Klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan Dilakukan?

Karena itu, mengetahui cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak menjadi penting dan perlu dilakukan bagi yang masih ragu apakah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Ini dilakukan untuk mengetahui status kepesertaan, terutama untuk pekerja yang sudah berhenti bekerja, terkena PHK, lama tidak membayar iuran, dan kondisi lainnya.

Dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya terdapat 2 cara BPJS Ketenagakerjaan online, yakni melalui website dan aplikasi BPJSTK Mobile.

Baca Juga: Telat Bayar? Simak Syarat dan Cara Mencicil Tunggakan BPJS Kesehatan

Cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak di BPJSTK Mobile

Cara mengetahui BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTK Mobile dengan langkah sebagai berikut:

Source : KOMPAS.com

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest